Hadirkan Saksi Ahli, Subhi Datangkan Guru Besar Universitas Muhammadiyah Jakarta



Kamis, 15 Juli 2021 - 06:47:52 WIB



Suasana persidangan
Suasana persidangan

JAMBERITA.COM- Sidang Praperadilan Subhi dilanjutkan dengan pembuktian pada Rabu (14/7/2021). Dari pihak Subhi sendiri, mereka menghadirkan Guru besar Universitas Muhammadiyah Jakarta, Prof. Syaiful Bahri.

Dalam persidangan tersebut, Prof Syaiful menyebutkan bahwa menetapkan seseorang itu sebagai tersangka harus terbukti dan meyakinkan. Jangan hanya berdasarkan dugaan atau laporan yang diterima.

"Selain itu, potensi kerugian negara harus dilihat dalam kondisi ini. Meskipun tindak pidana korupsi tidak semuanya harus merugikan negara, tetapi hal ini perlu diperhatikan," katanya didalam persidangan, Rabu (14/7/2021).

Sementara itu, Kejaksaan Negeri Jambi selaku pihak termohon menanyakan beberapa hal kepada saksi ahli yang dihadirkan oleh pemohon. Beberapa diantaranya mengenai penetapan tersangka.

"Apakah saat proses pra peradilan yang bersangkutan tidak diperbolehkan diberikan status tersangka meskipun sudah punya bukti serta mengenai statusnya sebagai DPO," tanya Jaksa.

Ahli sendiri mengatakan, hal itu mengenai hak pemohon yang sudah memberikan kuasa. Setelah selesai proses peradilan, baru bisa dilanjutkan prosesnya. "Ini sebagai asas kepatutan, semuanya berdasarkan logika dan yang sudah dialami di lapangan," ujarnya. (am)





Artikel Rekomendasi