Blusukan Pasar, Emak-emak Histeris Sambut Fasha

Bagikan Kantong Belanja Gratis, Fasha Ajak Warga Kerinci Diet Plastik


Jumat, 07 Februari 2020 - 19:19:59 WIB



JAMBERITA.COM, SUNGAI PENUH- Pengabdian yang tak mengenal ruang batas dan waktu, sebuah frasa yang tepat disematkan dan telah dibuktikan oleh sosok seorang Syarif Fasha. Bagaimana tidak, Wali Kota Jambi dua periode itu telah membuktikan dirinya sebagai tokoh yang mampu menginspirasi dan menyebarkan virus positif kepada masyarakat, tidak hanya kepada warga masyarakat Kota Jambi, namun juga daerah lain di Provinsi Jambi.

Kamis pagi (6/2), Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME, "blusukan" atau turun langsung menyapa masyarakat di Pasar Tanjung Bajure, Kota Sungai Penuh, disela kunjungan kerjanya, memberi kuliah umum di salah satu kampus di Bumi Sakti Alam Kerinci, Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci.

Kehadiran orang nomor satu di Kota Jambi itu, dalam rangka memberikan secara cuma-cuma kantong belanja non-plastik ramah lingkungan, kepada masyarakat pengunjung pasar terbesar di Bumi Sakti Alam Kerinci itu.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan dan menjadi "kebiasaan" dirinya di Kota Jambi itu, disambut antusias oleh pengunjung pasar. Bahkan "emak-emak" pengunjung dan pedagang pasar begitu histeris menyambut kehadiran Wali Kota Jambi itu. Banyak diantara mereka yang meminta bersalaman, hingga berfoto bersama Wali Kota Jambi Terkini tersebut.

Di sepanjang jalan pasar, Wali Kota Fasha yang turut didampingi oleh mantan Wakil Bupati Kerinci, Zainal Abidin dan beberapa tokoh masyarakat Kerinci, membagikan kantong belanja dan turut membantu masyarakat memasukkan kantong belanja masyarakat kedalam kantong belanja ramah lingkungan yang dapat dipakai berulang kali tersebut.

Dalam kesempatan itu, Fasha turut pula mengedukasi masyarakat agar mulai melaksanakan gerakan "Diet Plastik", yaitu mengurangi penggunaan kantong belanja dan produk kemasan berbahan dasar plastik dalam kehidupan sehari-hari.

"Besok setiap belanjo, bawa kantong ini yo bu. Mulai sekarang kito harus biso kurangi pakai kantong plastik kalau belanjo. Dengan pakai kantong ini, artinyo kito jugo jago lingkungan kito," sebut Fasha dihadapan masyarakat.

Kegiatan yang dilakukan oleh Wali Kota Jambi di Kerinci tersebut, sejalan dengan apa yang telah dilakukannya di Kota Jambi, yaitu kampanye mengurangi dan membatasi penggunaan sampah plastik atau "Diet plastik" di Kota Jambi.

Tidak hanya membagikan kantong belanja gratis dipasar tersebut, Wali Kota yang dikenal dengan jargon Jambi Bangkit itu juga banyak menyerap aspirasi dan harapan masyarakat. Masyarakat berharap, ekonomi dan kesejahteraan Sungai Penuh dan Kerinci dapat melesat maju seperti di Kota Jambi.

Seperti yang diutarakan Ibu Masnun, salah satu pedagang
di Pasar Tanjung Bajure. Dirinya berharap geliat ekonomi di Kota Jambi, dapat juga ditularkan di Sungai Penuh dan Kerinci.

"Kami pedagang disini berharap ado kemajuan yang samo seperti di Kota Jambi. Masyarakatnyo maju, bedagang biso nyaman, pasarnyo bagus, biso untung. Kito bedoa supayo Pak Fasha biso jadi Gubernur, supayo biso bantu kami disini (Kerinci-red.)," ujarnya.

Sebagaimana diketahui bahwa, kunjungan kerja Wali Kota Fasha di Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci, selain menjadi narasumber pembicara di salah satu perguruan tinggi ternama di Kerinci, juga dirangkai dengan acara sosial kemasyarakatan, yaitu penyerahan bantuan kursi roda gratis bagi 5 orang warga masyarakat penyandang disabilitas, yang berdomisili di Desa Sungai Tanduk dan Desa Mekar Sari Kayu Aro Kabupaten Kerinci.

Kegiatan penyerahan bantuan kursi roda gratis yang telah diinisiasi oleh dirinya sejak periode pertama menjabat sebagai Wali Kota Jambi itu, kini turut pula dirasakan manfaatnya oleh masyarakat daerah lain, seperti Kabupaten Kerinci tersebut.

Di Desa Sungai Tanduk yang berada di kaki Funug Kerinci itu pula, Wali Kota Fasha berkesempatan menutup kejuaaraan sepakbola antar desa yang berada di Kabupaten Kerinci tersebut. Kehadiran Wali Kota Jambi itupun disambut dengan antusias oleh warga setempat, karena kabar kemajuan Kota Jambi, terdengar santer oleh mereka dan mereka memiliki harapan yang sama agar daerah mereka dapat ikut maju bersama Kota Jambi kedepannya di tangan dingin seorang Syarif Fasha.












loading...