SAH Dorong Badan POM Aktif Lindungi Masyarakat Dari Makanan Minuman Yang Tak Aman



Senin, 13 Januari 2020 - 08:21:52 WIB



JAMBERITA.COM- Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Sutan Adil Hendra (SAH) meminta Badan POM untuk segera memperkuat lembaganya melalui program pengawasan obat dan makanan bersifat strategis karena berdampak langsung terhadap kesehatan masyarakat.

Dalam hal ini, SAH yang merupakan Anggota DPR RI dari Provinsi Jambi ini menegaskan pentingnya tugas Badan POM yang berada di multisektor baik aspek kesehatan, sosial, kemanusiaan, ekonomi, dan keamanan serta ketertiban masyarakat.

"Saya nilai Badan POM berada hampir di semua aspek masyarakat, baik kesehatan, sosial, kemanusiaan, ekonomi dan keamanan," ungkapnya di Jakarta (9/1/2020) kemarin. 

Menurutnya sesuai dengan visi dan misi Badan POM tersebut, strategi pengawasan semakin diperkuat terutama dalam penegakan hukum di bidang obat dan makanan sebagai upaya melawan kejahatan kemanusiaan untuk melindungi masyarakat Indonesia dari produk yang berisiko terhadap kesehatan, tegasnya.

Namun, dalam hal ini SAH juga mengharapkan Badan POM juga memberikan bimbingan dan pembinaan untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha obat dan makanan, termasuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar dapat memenuhi ketentuan dan berdaya saing nasional maupun global. Setiap pejabat dan pegawai Badan POM harus memahami tugas dan fungsinya untuk mencapai visi dan misi Badan POM tersebut.

Sehingga SAH berharap Badan POM terus melakukan pembaruan termasuk penataan kelembagaan melalui tata kelola struktural untuk memperkuat kinerja pengawasan agar terwujud obat dan makanan aman meningkatkan kesehatan masyarakat dan daya saing bangsa.

 

 









loading...