Lagi, Wali Kota Fasha Borong Penghargaan Smart City

Tahun ketiga, berturut-turut penghargaan smart city untuk Kota Jambi


Kamis, 28 November 2019 - 19:56:12 WIB



 

JAMBERITA.COM, JAKARTA - Wali Kota Syarif Fasha seolah tak ingin berhenti untuk terus membuktikan dirinya sebagai seorang kepala daerah yang terus menuai prestasi gemilang. Terutama dibidang smart city (kota pintar), yang telah dirintisnya sejak periode pertama kepemimpinannya sebagai Wali Kota Jambi.

Setelah dalam hitungan hari, perguruan tinggi terkemuka Institut Teknologi Bandung (ITB) menobatkan Kota Jambi sebagai Kota Cerdas Indonesia dalam program penghargaan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2019, dengan berhasil memboyong 7 kategori penghargaan sekaligus, kini Wali Kota Fasha kembali meraih apresiasi dibidang IT dan smart city, melalui ajang penghargaan Top Digital Awards 2019, yang diselenggarakan oleh media terkemuka, IT Works.

Dalam prosesi anugerah yang berlangsung di Hotel Sultan, Rabu malam (27/11) tersebut, penghargaan yang diterima Syarif Fasha pun tak tangung-tanggung. Ia berhasil menyabet 3 kategori penghargaan sekaligus, yaitu Top Digital Implementation 2019 on City Government, Level Star 4, Top Digital Transformation Readiness 2019, dan Top Leader on Digital Ip mplementation 2019.

Apresiasi ini merupakan penghargaan yang ketiga kalinya dalam 3 tahun berturut-turut diraih oleh Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha sejak 2017 lalu.

Sebelumnya pada tahun 2017, Wali Kota Syarif Fasha berhasil meraih penghargaan "Top IT Implementation on Smart City Develompment 2017". Di tahun 2018 meraih penghargaan "Top Leader on IT Leadership 2018" dan "Top IT Improvement 2018".

Raihan prestasi itu, tak lepas dari duet kepemimpinan Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME, bersama wakilnya Dr. dr. H. Maulana, MKM, yang sangat berkomitmen tinggi dalam membangun fundamental dan mengimplementasikan Kota Pintar (smart city) di Kota Jambi.

Sebagaimana diketahui, pada tahun 2017 lalu, Kota Jambi juga telah ditetapkan oleh Kementerian Kominfo RI sebagai satu diantara 25 Kota/Kabupaten pertama di Indonesia sebagai percontohan (pilot project) implementasi smart city di Indonesia.

Kota Jambi dinilai layak menjadi percontohan, karena memiliki komitmen kuat dalam tata kelola kota pintar. Selain itu, Kota Jambi juga telah melaksanakan berbagai kegiatan pemerintah dan pelayanan publik berbasis teknologi informasi.

Wali Kota Syarif Fasha seusai menerima penghargaan tersebut menyampaikan bahwa, raihan apresiasi dari berbagai pihak kepada Kota Jambi, membuktikan kinerja dan kesungguhan jajaran Pemkot Jambi dalam membangun fundamental dan road map implementasi smart city di Kota Jambi.

"Sebagaimana kita ketahui bahwa Kota Jambi saat ini telah menjelma menjadi smart city. Penghargaan ini menjadi bukti bahwa kinerja kita dan kepemimpinan kami sebagai leader, diapresiasi berbagai pihak. Kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi ini dan juga penghargaan kami kepada jajaran Pemkot Jambi yang telah membangun fundamental dan roadmap smart city, bersama-sama kami selama ini, hingga kita diakui dan diapresiasi berbagai pihak. Semoga melalui penghargaan ini, makin memacu kami untuk bekerja makin baik lagi dan berbuat banyak untuk kemajuan masyarakat Kota Jambi," pungkas Fasha.

Sebagaimana diketahui, penghargaan smart city untuk Kota Jambi di tahun 2019 ini, selain yang baru saja diraih tersebut, Kota Jambi pada awal November lalu juga berhasil meraih penghargaan smart city dalam ajang DataGovAI 2019. Dalam awarding itu, Kota Jambi berhasil meraih 3 penghargaan sekaligus di bidang IT, yaitu penghargaan The Best Leader 2019 untuk Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME dan Best Data IT Center serta The Best Data Infrastructure untuk Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Jambi.(*/sm)












loading...