Tender Proyek di PUPR Provinsi Jambi Harus Diulang, Karena Tak Penuhi Syarat



Selasa, 13 Agustus 2019 - 11:34:17 WIB



JAMBERITA.COM - Sekitar 80 persen proyek kegiatan di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi yang sudah dilelang harus diulang karena tidak memenuhi syarat.

Kadis PUPR Provinsi Jambi M Fauzi mengatakan, saat ini untuk sisanya masih dalam proses. "Sebagian besar telah selesai tender, kecuali ada beberapa yang diulang. Kemarin itu ada pengerjaan di Danau Sipin yang diulang. Ini bukan keinginan Dinas PUPR untuk mengulang tender, namun memang harus diulang lantaran tidak memenuhi syarat," ungkapnya, Senin (12/8/2019).

Fauzi menjelaskan memang ada sebagian peserta tender yang tidak memenuhi persyaratan untuk memenangkan tender sehingga, mau tidak mau tender tersebut harus diulang.

"Untuk Bidang Bina Marga, dari total 45 kegiatan yang ditenderkan, hingga akhir Juli lalu 34 kegiatan sudah terkontrak. Ini meliputi pengerjaan sejumlah infrastruktur jalan berstatus Provinsi. Sementara selebihnya masih berproses," ungkapnya.

Sementara untuk Bidang Cipta Karya, dari 21 kegiatan yang ditenderkan, telah terkontrak hanya 12 kegiatan.

Sebelumnya, Kepala Unit Kerja Penyediaan Barang/Jasa (UKPBJ) Provinsi Jambi Jafri mengatakan, secara umum di Provinsi Jambi ada 223 paket pengerjaan. Itu baik yang didanai oleh APBN maupun APBD. 223 paket itu bernilai Pagu APBN Rp 16.375.589.800, dan Pagu APBD Rp 559.315.999.495.

Dari total Pagu tersebut, kata Jafri, untuk APBD bisa dilakukan penghematan sebesar Rp 3,9 Miliar dari Harga Perkiraan Sementara (HPS) yang ditawarkan oleh penyedia.

Dari sejumlah tender dilaksanakan, dia mengatakan ada beberapa kegiatan yang sudah ditetapkan pemenangnya, lalu disanggah. Menurutnya, pihaknya siap menghadapi jika ada sanggahan yang masuk. Sebab, tender merujuk pada aturan yang berlaku. Jika ada sanggahan, lanjutnya, UKPBJ sudah punya jawabannya yang dilengkapi dengan data-data.

Selanjutnya, bagi pemenang tender yang sudah terkontrak, harus bisa memulai pekerjaan paling lama 14 Hari setelah tanda tangan kontrak. Sebelum itu, OPD penyedia punya wewenang untuk mengevaluasi hasil tender, seperti mengevaluasi tenaga ahli yang dimiliki oleh pihak ketiga yang dimenangkan itu. (afm)










loading...










#DEBAT KANDIDAT PILWAKO #BAKSO TARSYID #SIDANG SUPRIYONO #PLN #DEBAT PILWAKO 1 #ZOLA DIPERIKSA KPK #BATU BARA #VONIS KETOK PALU #ZUMI ZOLA TERSANGKA #SAROLANGUN #MUARO JAMBI #MERANGIN #Miss Indonesia 2019 #Nenek Zumi Zola Meninggal #BUNGO #BERITA JAMBI #BATANGHARI #cawagub fachrori #caleg PBB Jambi mundur #ZUMI ZOLA #LHKPN #KOTA JAMBI #KERINCI #korem 042/gapu #Kemas Faried #Fachrori Rombak Pejabat #danrem 042 Gapu #SUNGAI PENUH #SUAP KETOK PALU #surat suara Jambi #abdul Fattah meninggal #PRABOWO KE JAMBI #Pemberhentian Zumi Zola #TEBO #TANJABTIMUR #TANJABBARAT #TMMD Kerinci #TABLOID INDONESIA BAROKAH #Rocky Gerung #relawan demokrasi #REKI #Edi Purwanto #UIN STS Jambi #Pelecehan seksual #bawaslu provinsi jambi #Debat Pilpres 4 #Pahlawan nasional #Raden Mattaher #Partai Berkarya #KKI WARSI #pohon asuh #Edi Purwanto #iin inawati #Jambi masa lalu #Sejarah jambi #Musri Nauli #angin kencang Bungo #Kantor Pos Bungo Diterjang Angin #Syaihu ke PTUN #Demo UINS STS Jambi #Pelecehan seksual #Penyelundupan Lobster #Lobster Jambi #masa tenang #money politic #BAWASLU KOTA JAMBI #SYARIF FASHA #FACHRORI UMAR #HASIL PILPRES 2019 #HASIL PILEG 2019 #17 April 2019 #Minyak ilegal #Polda Jambi #KPPS Dipecat #PEMILU 2019 #LOGISTIK PEMILU 2019 #KPU PROVINSI JAMBI #Caleg Gerindra Ditangkap di Sungaipenuh #Mualaf Center Indonesia #kotak suara rusak #Hasil Pileg Tanjabbar #KPPS Meninggal Dunia #Pembakaran Kotak Suara #Prediksi Kursi di Provinsi Jambi #Pleno Rekapitulasi Suara #Harga Bawang putih #PLENO KPU PROVINSI JAMBI #Sutan Adil Hendra #SIDANG PELANGGARAN BAWASLU #Ketua DPRD Kota Jambi #Kemendagri #Samsat Jambi #Ratu Munawarrah #PIlgub Jambi #Anggota DPRD pindah parpol #DPRD Sungai Penuh #aksi Mahasiswa Jambi #GUGATAN PARPOL DI MK #Polda Jambi