Unik, Wali Kota Jambi Sidak Kehadiran ASN Pemkot dari Ruang Kendali JCOC



Senin, 10 Juni 2019 - 15:18:58 WIB



JAMBERITA.COM - Diawali Apel Peningkatan Disiplin, Wali Kota Fasha Minta ASN Langsung Tancap Gas Realisasikan Program Kerja Pemkot

Hari pertama masuk kerja, Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME langsung pimpin Apel Peningkatan Disiplin ASN Pemkot Jambi, yang dilaksanakam bertempat di Lapangan Utama Kantor Wali Kota Jambi (10/6/2019).

Apel tersebut turut pula dihadiri oleh Wakil Wali Kota Dr. dr. H. Maulana, MKM, Sekda Kota Jambi Ir. H. Budidaya, M.For. Sc, jajaran pejabat utama Pemkot Jambi dan ASN dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Jambi.

Dalam amanatnya, Wali Kota Fasha mengajak seluruh ASN Pemkot untuk mengakselerasi langkah dan kinerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) masing-masing, dalam melaksanakan program dan kegiatan yang menjadi tanggung jawab masing-masing OPD.

"Ramadan telah usai, libur hari raya Idul Fitri juga telah berakhir, kini saatnya untuk kita semua kembali fokus pada target dan mempercepat langkah-langkah dalam merealisasikan program kegiatan yang menjadi tanggung jawab dan tupoksi kita masing-masing. Masyarakat menunggu hasil karya dan kinerja kita," ujar Wali Kota Fasha.

Apel yang dilaksanakan pagi itu, juga dirangkai dengan halal-bihalal seluruh jajaran Pemkot Jambi bersama Wali Kota, Wakil Wali Kota Jambi. Tampak seluruh peserta upacara tampak mengantri bersalaman bersama orang nomor satu di Kota Jambi tersebut

Seusai melaksanakan apel, Wali Kota H. Syarif Fasha didampingi Wawako Maulana, Sekda Budidaya, Asisten Sekda, Inspektur Kota Jambi dan Kepala BKPSDMD Kota Jambi, melaksanakan Inspeksi atas kehadiran ASN Pemkot Jambi diseluruh OPD.

Namun yang tampak berbeda dan terbilang unik kali ini adalah sidak dilaksanakan melalui ruang kendali Jambi City Operation Center (JCOC). Sebagai kota yang masuk sebagai 25 daerah "pilot project" percontohan implementasi "smart city" di Indonesia, Kota Jambi tampaknya benar-benar ingin membuktikan eksistensinya dalam pemanfaatan efektifitas teknologi informasi dan ruang "command center" yang telah ada dan menjadi kebanggaan Pemkot Jambi tersebut.

Wali Kota Fasha dalam melaksanakan Inspeksi secara online tersebut, dilakukan melalui metode "video conference". Secara acak, Wali Kota Fasha menghubungi beberapa OPD Pemkot, untuk melihat secara langsung tingkat kehadiran dan mengkonfirmasi ASN yang terdata dalam database sistem absensi online Pemkot, tidak hadir tanpa keterangan atau terlambat masuk kantor.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Fasha juga memanfaatkan sidak tersebut untuk berdialog secara langsung dan interaktif dengan masyarakat yang dibeberapa OPD pelayanan Pemkot melalui video conference, terkait dengan pelayanan publik yang mulai efektif dilaksanakan hari ini.

Dihadapan awak media, Wali Kota Fasha mengungkapkan bahwa sidak yang dilaksanakannya pagi itu merupakan bentuk kesungguhan Pemkot Jambi dalam menata disiplin ASN Pemkot dan mengoptimalkan pemanfaatan IT dalam mendukung upayanya tersebut.

"Tahun ini kita laksanakan sidak dengan cara yang berbeda, yaitu melalui JCOC (Jambi City Operation Center-red). Ini adalah bentuk keseriusan kita dalam memanfaatkan IT dalam mendukung dan mengoptimalkan efektivitas kinerja Pemkot Jambi, baik dalam hal kedisiplinan dan aspek lainnya. Tadi kita lihat bahwa tingkat kehadiran cukup baik dan akurat, karena kita crosscheck sendiri data yang masuk di aplikasi kepegawaian dengan data dilapangan. Ini sangat efektif dilaksanakan, karena tidak perlu memakan waktu untuk kami berkeliling ke seluruh OPD, sehingga kami bisa langsung melaksanakan tugas lainnya dihari pertama masuk kerja ini," pungkas Wali Kota Jambi dua periode itu.(*/sm)




Tagar:

# KOTA JAMBI








loading...










#DEBAT KANDIDAT PILWAKO #BAKSO TARSYID #SIDANG SUPRIYONO #PLN #DEBAT PILWAKO 1 #ZOLA DIPERIKSA KPK #BATU BARA #VONIS KETOK PALU #ZUMI ZOLA TERSANGKA #SAROLANGUN #MUARO JAMBI #MERANGIN #Miss Indonesia 2019 #Nenek Zumi Zola Meninggal #BUNGO #BERITA JAMBI #BATANGHARI #cawagub fachrori #caleg PBB Jambi mundur #ZUMI ZOLA #LHKPN #KOTA JAMBI #KERINCI #korem 042/gapu #Kemas Faried #Fachrori Rombak Pejabat #danrem 042 Gapu #SUNGAI PENUH #SUAP KETOK PALU #surat suara Jambi #abdul Fattah meninggal #PRABOWO KE JAMBI #Pemberhentian Zumi Zola #TEBO #TANJABTIMUR #TANJABBARAT #TMMD Kerinci #TABLOID INDONESIA BAROKAH #Rocky Gerung #relawan demokrasi #REKI #Edi Purwanto #UIN STS Jambi #Pelecehan seksual #bawaslu provinsi jambi #Debat Pilpres 4 #Pahlawan nasional #Raden Mattaher #Partai Berkarya #KKI WARSI #pohon asuh #Edi Purwanto #iin inawati #Jambi masa lalu #Sejarah jambi #Musri Nauli #angin kencang Bungo #Kantor Pos Bungo Diterjang Angin #Syaihu ke PTUN #Demo UINS STS Jambi #Pelecehan seksual #Penyelundupan Lobster #Lobster Jambi #masa tenang #money politic #BAWASLU KOTA JAMBI #SYARIF FASHA #FACHRORI UMAR #HASIL PILPRES 2019 #HASIL PILEG 2019 #17 April 2019 #Minyak ilegal #Polda Jambi #KPPS Dipecat #PEMILU 2019 #LOGISTIK PEMILU 2019 #KPU PROVINSI JAMBI #Caleg Gerindra Ditangkap di Sungaipenuh #Mualaf Center Indonesia #kotak suara rusak #Hasil Pileg Tanjabbar #KPPS Meninggal Dunia #Pembakaran Kotak Suara #Prediksi Kursi di Provinsi Jambi #Pleno Rekapitulasi Suara #Harga Bawang putih #PLENO KPU PROVINSI JAMBI #Sutan Adil Hendra #SIDANG PELANGGARAN BAWASLU #Ketua DPRD Kota Jambi #Kemendagri #Samsat Jambi #Ratu Munawarrah #PIlgub Jambi #Anggota DPRD pindah parpol #DPRD Sungai Penuh #aksi Mahasiswa Jambi #GUGATAN PARPOL DI MK #Polda Jambi