Fachrori Harap Jasa Keuangan Jambi Terus Bertumbuh Sehat



Sabtu, 12 Januari 2019 - 20:33:44 WIB



JAMBERITA.COM- Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Fachrori Umar mengharapkan pertumbuhan jasa keuangan di Provinsi Jambi bisa terus meningkat, terus bertumbuh sehat di tahun 2019 dan tahun-tahun berikutnya.

Ini sejalan dengan tingkat pertumbuhan perekonomian yang stabil dan relatif rendahnya tingkat inflasi di Provinsi Jambi. Hal tersebut disampaikan Fachrori pada Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2019, bertempat di Ballroom Hotel Riltz Carlton Jakarta, Jum'at (11/1/2019) malam.

Pertemuan tahunan industri jasa keuangan yang dihadiri oleh Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) H.M Jusuf Kalla tersebut, mengambil tema "Kolaborasi Membangun Optimisme dan Akselerasi Pertumbuhan Berkelanjutan".

Fachrori mengemukakan bahwa pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi tahun 2018 yang cukup baik dan relatif rendahnya laju inflasi merupahan hasil kerjasama dari semua pihak, dan tidak terlepas dari kerja keras dan kontribusi jasa keuangan. "Pertumbuhan perekonomian di Provinsi Jambi pada tahun 2018 bisa tumbuh dengan baik, begitu pula tingkat inflasi yang masih stabil. Semua itu, tidak terlepas dari pertumbuhan jasa keungan di Provinsi Jambi pada tahun 2018 menunjukkan tren yang positif," tutur Fachrori.

"Untuk itu, saya mengharapkan pada tahun 2019 ini pertumbuhan jasa keuangan di Provinsi Jambi bisa terus tumbuh dan meningkat lebih baik lagi, sehingga pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jambi juga ikut meningkat," sambung Fachrori.

Fachrori mengemukakan, industri jasa keuangan yang ada di Provinsi Jambi harus bisa berkontribusi terhadap produk-produk daerah dan lebih mengoptimalkan perkreditan kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), sehingga turut mempercepat pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jambi.

"Saya juga mengharapkan industri jasa keuangan di Provinsi Jambi turut mempercepat pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi dengan berkontribusi terhadap produk daerah dan memberikan kredit kepada UMKM," ujar Fachrori.

Wapres dalam sambutannya menyampaikan, industri jasa keuangan harus memberikan keseimbangan, diantaranya memberikan bunga kredit secara seimbang kepada pengusaha besar maupun pengusaha kecil.

"Pada masa lalu, bunga kredit bagi pengusaha besar lebih murah daripada pengusaha kecil, ini sangat tidak adil untuk bangsa, justru pengusaha kecil yang memberikan subsidi kepada pengusaha besar, untuk itu kita harus membantu pengusaha kecil agar menjadi kuat," tutur Wapres.

Wapres mengemukakan, dengan memberikan kesempatan yang sama dan bunga yang lebih rendah kepada pengusaha kecil melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) akan mampu memberikan suatu keseimbangan dalam sistem keuangan nasional.

"Kita mengharapkan semua industri keuangan harus hati-hati bertindak yang adil dan benar, dimana dengan kebersamaan dapat menguntungkan industri maupun nasabahnya. Jangan menguntungkan industri tapi merugikan masyarakat atau menguntungkan masyarakat tapi merugikan industri," terang Wapres.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso,SE.,MSc.,Ph.D, mengatakan, tren pertumbuhan perekonomian dan jasa keuangan yang positif masih akan terus berlanjut di tahun 2019 dengan prediksi, perekonomian akan mampu tumbuh sebesar 5,3 persen dan inflasi yang tetap terjaga di level 3,5 persen guna mendukung terciptanya iklim yang kondusif.

"Kami yakin, perekonomian dan sektor jasa keuangan di tahun 2019 akan berada dalam tren perbaikan, meskipun tantangan yang kita hadapi pada tahun 2019 tidak lebih mudah dibandingkan tahun 2018. OJK akan terus berusaha memfasilitasi dan memberikan kemudahan dalam mendukung sector-sektor prioritas pemerintah melalui kebijakan dan inisiatif," jelas Wimboh. (*/sm)

 










loading...










#DEBAT KANDIDAT PILWAKO #BAKSO TARSYID #SIDANG SUPRIYONO #PLN #DEBAT PILWAKO 1 #ZOLA DIPERIKSA KPK #BATU BARA #VONIS KETOK PALU #ZUMI ZOLA TERSANGKA #SAROLANGUN #MUARO JAMBI #MERANGIN #Miss Indonesia 2019 #Nenek Zumi Zola Meninggal #BUNGO #BERITA JAMBI #BATANGHARI #cawagub fachrori #caleg PBB Jambi mundur #ZUMI ZOLA #LHKPN #KOTA JAMBI #KERINCI #korem 042/gapu #Kemas Faried #Fachrori Rombak Pejabat #danrem 042 Gapu #SUNGAI PENUH #SUAP KETOK PALU #surat suara Jambi #abdul Fattah meninggal #PRABOWO KE JAMBI #Pemberhentian Zumi Zola #TEBO #TANJABTIMUR #TANJABBARAT #TMMD Kerinci #TABLOID INDONESIA BAROKAH #Rocky Gerung #relawan demokrasi #REKI #Edi Purwanto #UIN STS Jambi #Pelecehan seksual #bawaslu provinsi jambi #Debat Pilpres 4 #Pahlawan nasional #Raden Mattaher #Partai Berkarya #KKI WARSI #pohon asuh #Edi Purwanto #iin inawati #Jambi masa lalu #Sejarah jambi #Musri Nauli #angin kencang Bungo #Kantor Pos Bungo Diterjang Angin #Syaihu ke PTUN #Demo UINS STS Jambi #Pelecehan seksual #Penyelundupan Lobster #Lobster Jambi #masa tenang #money politic #BAWASLU KOTA JAMBI #SYARIF FASHA #FACHRORI UMAR #HASIL PILPRES 2019 #HASIL PILEG 2019 #17 April 2019 #Minyak ilegal #Polda Jambi #KPPS Dipecat #PEMILU 2019 #LOGISTIK PEMILU 2019 #KPU PROVINSI JAMBI #Caleg Gerindra Ditangkap di Sungaipenuh #Mualaf Center Indonesia #kotak suara rusak #Hasil Pileg Tanjabbar #KPPS Meninggal Dunia #Pembakaran Kotak Suara #Prediksi Kursi di Provinsi Jambi #Pleno Rekapitulasi Suara #Harga Bawang putih #PLENO KPU PROVINSI JAMBI #Sutan Adil Hendra #SIDANG PELANGGARAN BAWASLU #Ketua DPRD Kota Jambi #Kemendagri #Samsat Jambi #Ratu Munawarrah #PIlgub Jambi #Anggota DPRD pindah parpol #DPRD Sungai Penuh #aksi Mahasiswa Jambi #GUGATAN PARPOL DI MK #Polda Jambi