Soal Dukungan yang Diduga Ada Manipulasi, Ini Tanggapan Kemuning



Selasa, 25 September 2018 - 10:20:37 WIB



Kemuning GIlang Pratiwi
Kemuning GIlang Pratiwi

JAMBERITA.COM- Dugaan manipulasi dukungan yang dilakukan PPK dan Panwaslu Kecamatan Jelutung masih belum ada kejelasaan hingga saat ini. Meski telah dilakukan perbaikan, status Kemuning masih menggantung. Karena namanya masih tercantum dalam DCT DPD RI Dapil Jambi.

Kemuning Gilang Pertiwi mengatakan bahwa dirinya belum dihubungi KPU maupun Bawaslu terkait dengan persoalan ini. Sehingga Ia belum bisa bicara banyak terkait hal tersebut sebelum ada kejelasan. “Tentu akahirnya nanti saya akan konferensi pers apapun hasilnya. Tapi saat ini saya tidak bisa berkomentar apapun, karena memang hingga saat ini saya dan LO saya juga belum pernah dihubungi oleh para penyelenggara Pemilu. Baik itu dari KPU ataupun Bawaslu, sehingga saya juga tidak tahu permasalahanya. Mengenai masalah ini saya malah hanya dapat informasi dari media,” ungkap Kemuning dalam pesan Whats Appnya.

Seperti diketahui, KPU Kota Jambi telah menindaklanjuti rekomendasi dari Bawaslu Kota Jambi untuk memperbaiki berita acara hasil verifikasi faktual sarat dukungan calon DPD RI atas nama Kemuning. “Kami sudah berkoordinasi dengan KPU Provinsi Jambi terkait rekomendasi Bawaslu. Kami juga sudah melakukan pleno memperbaiki itu, dari 23 sampel dukungan calon DPD RI atas nama Kemuning hanya satu MS. Dua TMS, dan sisanya sebanyak 19 fiktif alias dirubah yang harusnya TMS menjadi MS dan sudah kami perbaiki menjadi TMS. Laporanya sudah kami serahkan ke KPU Provinsi Jambi,” ujar Hazairin.

Dilain pihak Bawaslu Provinsi Jambi Asnawi saat dikonfrimasi mengatakan, dalam pemeriksaan dugaan pelanggaran admnistrasi kesimpulannya KPU harus memperbaiki proses verifikasi dukuangan. “Dan jika dalam proses perbaikan itu mengurangi jumlah dukungan maka itu merupakan konsekuensi. Dan KPU prisipnya harus atau wajib melaksakan rekomendasi dari Bawaslu tersebut apapun konsekuensinya,” tegas Asnawi.(sm)



Artikel Rekomendasi