Dosen Unja Berikan Pelatihan Administrasi Keuangan ke UP2K Di Desa Mendalo Darat dan Mendalo Indah



Senin, 24 September 2018 - 08:27:47 WIB



Foto bersama usai pelatihan
Foto bersama usai pelatihan

JAMBERITA.COM- Sejumlah dosen Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Jambi melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan pelatihan tentang “PPM Bina Desaan” Pada Rabu, tanggal 19 September 2018.

Pelatihan terkait  Aplikasi Sistem Pengelolaan Keuangan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) digelar di dua desa yakni Desa Mendalo Darat dan Desa Mendalo Indah Kabupaten Muaro Jambi.

 

Penyampaian materi pelatihan

Kegiatan ini dilakukan di Balai Desa Mendalo Darat Kabupaten Muara Jambi, yang dihadiri oleh Camat Jambi Luar Kota yang diwakili oleh Meiry Aryani, S.Kom selaku Kasi PMD, Kepala Desa Mendalo Darat dan Mendalo Indah, Aparat Desa dan pengelola kelompok baik POKSUS maupun POKLAK.

UP2K sendiri dibentuk di RT tempat tinggalnya. UP2K dibentuk dengan tujuan membina ibu-ibu untuk meningkatkan pendapatan keluarganya. UP2K berada di bawah binaan organisasi PKK setempat.

Komunikasi Ketua Tim Pengabdian dengan Ibu Mery  Aryani, Kasi PMD Camat Jaluko

Penandatanganan Berita Acara Penyerahan Laptop

Segala kegiatan ekonomi pada UP2K diusahakan oleh keluarga, baik, secara perorangan maupun kelompok, yang modalnya bersumber dari swadaya masyarakat, bantuan pemerintah, bantuan luar negeri, swasta, serta sumber lain yang sah dan tidak mengikat. 

UP2K bertujuan meningkatkan    usaha ekonomi keluarga yaitu  suatu bentuk kegiatan usaha yang dilakukan oleh keluarga, bertujuan meningkatkan pendapatan keluarga dalam rangka mewujudkan kesejahteraan keluarga. UP2K bergerak untuk mengembangkan usaha ekonomi produktif yang dapat mengembangkan lapangan usaha yang didukung oleh potensi, ketersediaan bahan baku dan teknologi lokal.

Tim pengabdian Universitas Jambi yang melaksanakan kegiatan ini diketuai oleh Dr. Sri Rahayu, S.E., MSA., Ak., CA., dengan anggota tim yaitu DR. Yudi, S.E., MSA., Wiwik tiswiyanti,SE, MM, Ak, CA dan Rahayu., S.E., M.Sc., Ak., C.A.

Tim pengabdian juga dibantu oleh mahasiswa-mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. Dalam pelaksanaan pelatihan, tim memberikan materi pelatihan terkait administrasi UP2K, dan memperkenalkan aplikasi keuangan UP2K berbasis excel.

Tim juga memberikan bantuan berupa 2 (dua) unit laptop kepada masing-masing kelompok UP2K di desa Mendalo Darat dan Desa Mendalo Indah. Bantuan tersebut diberikan dengan menggunakan dana pengabdian yang bersumber dari dana anggaran Universitas Jambi.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan pembentukan UP2K yang sebelumnya dilakukan di Desa Mendalo Indah, bertempat di Rumah Ketua RT 05 Mendalo Indah Bapak Wirit Bermani Dustar. Pada kegiatan tersebut telah terbentuk UP2K Mendalo Indah yang terdiri dari 2 (dua) Kelompok Pelaksana (POKLAK) yaitu Poklak Rafflesia dan Poklak Melati Suci.

Mery  Andryani, selaku perwakilan Camat Jambi Luar Kota sangat mengapresiasi kegiatan ini karena menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kendala pengembangan UP2K di Kecamatan Jambi Luar Kota yaitu masih rendahnya kuantitas dan kualitas SDM pengelola UP2K.

Harapannya Kepala Desa Mendalo Darat Bapak Bambang adalah agar pelatihan seperti ini dapat dilakukan secara berkesinambungan. Pelatihan seperti ini akan bermanfaat dalam rangka menambah pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu untuk mengelola UP2K. Ibu Mery juga mengatakan bahwa pelatihan ini sangat membantu persiapan PKK Kecamatan Jambi Luar Kota untuk mengikuti lomba yang berkemungkinan akan dilakukan pada bulan Februari tahun depan.

Peserta dalam kegiatan ini adalah pengurus Kelompok Khusus (POKSUS) dan Kelompok Pelaksana (Poklak) yang ada di bawah UP2K Mendalo Darat dan Mendalo Indah. Para peserta sangat bersemangat mengikuti pelatihan ini, dikarenakan mereka memperoleh tambahan ilmu dalam mengelola administrasi dan keuangan UP2K. Dengan adanya pelatihan serta aplikasi keuangan, mereka berhadap dapat membuat laporan pertanggungjawaban Poksus maupun Poklak dengan lebih cepat dan tepat.

Ketua tim pengabdian, Dr. Sri Rahayu, S.E., M.SA., Ak., C.A., berharap agar semua yang disampaikan oleh tim dapat bermanfaat bagi kemajuan UP2K di Mendalo Darat dan Mendalo Indah khususnya. Ketua juga menyampaikan bahwa beliau dan tim siap membantu kegiatan UP2K, dan siap jika dikemudian hari diminta kembali untuk berbagi ilmu dan pengalaman terkait dengan pengelolaan administrasi keuangan.

Seperti diketahui Universitas Jambi yang merupakan lembaga perguruan tinggi harus menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu (1) Pendidikan dan Pengajaran, (2) Penelitian dan Pengembangan, dan (3) Pengabdian kepada Masyarakat. Salah satu wujud pengabdian kepada masyarakat dapat diwujudkan melalui pengabdian yang dilakukan oleh para dosen-dosen.(*/sm)







loading...