Fraksi Golkar DPRD: Jalan Khusus Angkutan Batubara Harus Selesai, Wajib Hukumnya



Rabu, 15 Februari 2023 - 14:09:15 WIB



Ketua Fraksi Golkar DPRD Provinsi Jambi Ivan Wirata.
Ketua Fraksi Golkar DPRD Provinsi Jambi Ivan Wirata.

JAMBERITA.COM - Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jambi Cek Endra (CE) merekomendasikan nama Ivan Wirata menjadi Ketua Fraksi Golkar DPRD untuk menggantikan Ketua sebelumnya, M Juber. Ini pun telah diumumkan oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Faizal Riza pada rapat paripurna Selasa (14/2/2023) kemarin.

Ivan Wirata pun mengucapkan terima kasih atas amanah yang telah diberikan kepada nya untuk menjadi Ketua Fraksi Golkar. Sehingga Ia pun berkomitmen melalui anggota Fraksi di setiap Komisi untuk mengawasi semua kebijakan sebagaimana Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi).

"Artinya ini sebuah amanah. Partai Golkar harus bisa mencarikan solusi apa yang menjadi kehendak masyarakat, secara Tupoksi di bidang pengawasan, budgeting, legislasi, Golkar harus punya produk yang terbaik, baik soal anggaran yang tepat sasaran, maupun aturan aturan secara pandangan fikiran kebijakan, Golkar harus mumpuni," katanya, Rabu (15/2/2023).

Ivan menyampaikan dengan amanah tersebut Ia akan berupaya dalam meningkatkan kinerja Fraksi Golkar di DPRD Provinsi Jambi. "Saya sudah sampaikan untuk melakukan agenda rapat perbulan, kedua dalam menyikapi pandangan Fraksi, terhadap eksekutif/pemerintah," tegasnya.

Ivan menjelaskan, semua Fraksi Golkar DPRD Provinsi Jambi itu terdiri 1 orang di Komisi I Bidang Pemerintahan, 1 orang Komisi II Bidang Keuangan, 2 orang di Komisi III Bidang Infrastruktur dan Pembangunan dan 1 orang lagi di Komisi IV Bidang Kesejahteraan Rakyat, Sosial, Kesehatan dan Pendidikan.

"Melalui rapat bulanan itu saya akan memantau dan selalu mengevaluasi untuk meminta masukan dari masing masing Komisi dalam menilai jalannya pemerintah, itu lah pendapat ril masukan masyarakat yang di rangkum oleh masing masing Komisi itu menjadi pandangan Fraksi," ungkapnya.

Terkait dengan keputusan dalam memberikan pandangan Fraksi Golkar, Ivan mengatakan juga akan berkonsultasi kepada Ketua DPD Golkar Provinsi Jambi CE. Karena kata Ivan, CE sudah berpesan bahwa Golkar harus menunjukkan kinerja nya terhadap rakyat.

"Termasuk proses proses yang berkembang sekarang, masalah akses Batubara, jalan khusus yang menjadi PR. Sebagai Fraksi Golkar, mewakili untuk menyikapi, ini yang akan kami tanyakan kepada Gubernur melalui pandangan pandangan Fraksi," tegasnya.

Selanjutnya mengenai persoalan ekonomi, dimana PDRB Jambi paling tinggi itu kata Ivan di Bidang Pertanian, Perikanan, Peternakan dan Kehutanan sehingga perlu disikapi oleh Komisi II, supaya para petani mendapatkan hasil yang produktif dengan tujuan dapat meningkatkan nilai tukar petani diatas satu persen.

"Ini tugas, apakah OPD OPD itu berjalan. Saya kepingin semua anggota komisi punya ide, inovasi dan control yang bagus supaya Golkar punya sesuatu yang baru. Kelihatannya, kawan kawan sepakat lah, Pak Ketua DPD juga mendukung. Apalagi soal perkembangan multiyears, baik stadion, islamic center, RTH ini sudah menjadi pembicaraan publik," jelasnya.

Ivan juga menyampaikan bahwa Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jambi CE tidak pernah menghalangi halangi apa yang menjadi solusi bagi kemaslamatan umat atau kebutuhan masyarakat, termasuk persoalan angkutan Batubara yang harus ada solusi konkret dari Pemerintah.

"Tidak pernah kami dilarang untuk itu, dan beliau sepakat juga agar pemerintah kepada swasta wajib hukum nya, jalan khusus harus selesai," tegasnya.

Sesuai dengan konsultasi Komisi III DPRD Provinsi Jambi baru baru ini ke Kementerian ESDM, kata Ivan Direktur ESDM meminta akhir Desember 2023 harus selesai. "Dia tidak mau diundur undur lagi, malah dia berkehendak Oktober selesai, itu pernyataan Direktur ESDM, karena kewenangan Izin IUP itu ada di ESDM," pungkasnya.(afm)





Artikel Rekomendasi