IKPMS sudah layak Go Publik Gelar Reuni Akbar dan Halal Bi Halal



Selasa, 16 April 2024 - 07:19:20 WIB



JAMBERITA.COM- Setiap zaman pemimpinnya dan ada cerita suka dukanya - Potret Perjalanan Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Simbur Naik disingkat IKPMS adalah oraganisasi yang mengimpun seluruh anggota pelajar dan mahsiswa simbur naik baik yang berada di Desa simbur naik maupun diluar desa simbur naik, organisasi ini dibentuk pada pada awal tahun tahun 19974, dari rangkungkuman diskusi dari pengurus IKPMS sebelumnya, bahwa kelahiran IPKMS yang diprakasai oleh mahasiswa sembur naik pada waktu itu, adalah Amir syarifuddin, Bahrun Razak, yahya damani dan arifuddin. Beliau – belau ini lah yang mengagas cikal bakal lahirnya wadah berhimpun pelajar dan mahasiswa saat itu. Dengan tujuan agar pelajar dan mahasiswa asal desa simbur naik saling bantu membantu untuk urusan tempat tinggal , kirim mengirim barang serta urusan saling membantu dalam hal baiay sekolah. Yang kesemua ada rasa senansib sepenganunggan itu merupakan motto yang di usung pada saat itu. Dalam tahap perjalan IKPMS dibagi menjadi empat tahapan. Pertama tahap pegenalan dan pembenahan perkumpulan ( 1974 – 1980), Tahap Kebangkitan , (1980-1990) , IKPMS sudah dikenal di wilayah kabupaten, aspek program sudah tertata, baik sudah memlilki AD dan ART serta Logo serta programnya sudah menyetuh aspek kebutuhan pendidikan dan akademik. Tahap (1990- 2000) Pengembangan IKPMS, tahap ini IKPMS sudah dikenal luas di masyarakat Provinsi Jambi dari oraganisasi se level nya bahkan pada tataran oraganisasi di tingkat kabupaten sudah di kenal bai di pemda kabupaten, dan telah berkontribusi untuk pembangunan daerah, melalui program seminar dan kajian pontensi daerah. ( 2000 – 2004) tahap go Publik , IKPMS sudah eksis dan memiliki manfaat dan pengaruh besar di kalagan pelajar dan mahasiswa . yang notabene anggota IKPS sudah bisa mewarnai ajang-ajang kompetisi baik secara kelompok maupun individu. Tutur Junaidi habe.

Kilas balik IKPMS yang disampaikan oleh Dr. M Junaidi Habe pada acara Reuni Akbar dan halal bi Halal , bahwa IKPMS patut apresiasi organisasi selevel Desa yang masih eksis sampai hari ini, bukan perkara muda , hal ini karena didasari oleh motivasi dan semangat juang yang kuat dari para pelajar dan mahasisa simbur naik dari masa ke masa, dengan rasa senasib ke penanggung dan rasa kebersamaan itulah yang menjadikan IKPMS sampai hari ini tetap eksis. Dari aspek ekstenal alumni IKPMS yang banyak mentap di Jambi diperbagai strata kehidupan sosial. Sehingga pengurus IKPMS lebih mudah untuk melaksanakan aktivtas organisasi ada tempat mengadu dan bertanya untuk kebutuhan organsasi dan anggota IKPMS.

Menurut Dr. M. Junaidi habe , salah seorang ketua umum IPKMS periode 1990- 1991, bahwa keberadaan IKPMS motor penggerak para putra putri Desa Simbur Naik untuk melanjutkan studi , sehingga sampai hari sudah lebih kurang seratus sarjana strata satu , dan S2 15 orang dan yang bergelar doktor sudah orang ( Dr.Syahrial Hafid, M.Sc . Dr. Zam – Zami, ME. Dr. H. Abdul Gaffar Rozak , M.Ag . Dr. Ishak Dama , MH dan Dr. M Junadi habe, M,Si) . dan dalam bidang politik dan pemerintahan Pura Simbur Naik telah menelorkan Wakil Bupati , Drs. Muh Kasin Stering, Ketua DPRD Kabupaten Tajung Jabung Timur M. Aris, dan anggota DPRD Kabupeten , Drs, Amir Syarifuddin (PBR), Abdul Malik Hasa (PDI Perjuangan ) , M. Nasir Habe ,S.Si (GERINDRA) dan M. Aris ( PAN) dan anggota DPP RI H. Bakri , SE juga putra Simbur Naik. Disamping itu setiap kontestasi pemilu selaku ada perwalilannya, begiu juga dalam penyelenggara pemilu KPUD , Mustakim habe pernah 3 priode dan 2 kali ketua KPUD Tajung Jabung Timur. Dan putra -putri lainnya di intansi pemerintah dan bisnis yang telah berhasil. Periode kepemimpinan IKPMS sudah ada 20 ketua umum sampai saat ini dibawah kepemimpinan syaful Husain telah masuk usia ke 50 tahun.

Sehingga Gubernur Jambi Al haris menyempatkan hadir pada Halal Bi halal dan Reuni Alumni IKPMS pada ulang Tahun Emas # 50, yang di gelar pada tanggal 14 April 2024 di Desa Simbur Naik. Dalam sambutan Gubernur mengapresiasi keberadaan IKPMS , dan beliau berpesan agar IKPMS bisa lebih menignkatkan lagi gerak dan langkahnya agar bisa memberikan manfaat lebih luas pada masyarakat. (Ungkap Junaidi habe).(*)





Artikel Rekomendasi