">




Pro Kontra Pergeseran Kursi DPRD Provinsi Jambi, KPU Sebut Sudah Sesuai Perhitungan



Rabu, 25 Januari 2023 - 19:35:58 WIB



JAMBERITA.COM - KPU Provinsi Jambi dalam melaksanakan uji publik menyebutkan terjadi pergeseran kursi pada 2 dapil, yaitu dapil Kota Jambi dan Kerinci-Sungaipenuh ke dapil Batanghari-Muarojambi dengan Bungo-Tebo.

Hal ini rupanya menimbulkan pro dan kontra terkait hasil yang disampaikan KPU beberapa waktu lalu. Salah satunya dari Rusdi yang merupakan Anggota DPRD Provinsi Jambi dapil Kota Jambi.

"Kami kecewa dengan keputusan KPU yang menghilangkan 1 kursi di dapil Kota Jambi. Kami juga tidak tahu bagaimana caranya KPU bisa menggeser 1 kursi itu," katanya.

Komisioner KPU Provinsi Jambi, Apnizal secara tegas menyebutkan, hasil yang didapatkan itu adalah merupakan perhitungan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Pada hitungan pertama itu ada 53 kursi yang didapatkan. Sisa 2 kursi itu yang terjadi pergeseran dan itu sudah sesuai dengan aturan yang ada di PKPU Nomor 6 Tahun 2022," katanya kepada Jamberita.com, Rabu (25/1/2023).

Ia menyebutkan, pada awalnya memang jumlah penduduk terbanyak itu ada di Kota Jambi. Hanya saja karena perhitungan terakhir dengan sisa kursi itu, Kota Jambi yang sebelumnya berada di urutan pertama, menjadi urutan terakhir.

"Makanya terjadi pergeseran kursi ke dapil Batanghari-Muarojambi dan Bungo-Tebo. Perhitungan ini juga sama dengan pengurangan yang terjadi pada dapil Kerinci-Sungaipenuh," tutupnya. (am)





Artikel Rekomendasi