">




Diduga Serobot Tanah 4 Desa di Merangin, PT APN Diusir Warga dari Lokasi



Rabu, 25 Januari 2023 - 18:32:32 WIB



Alat Berat di Lokasi.
Alat Berat di Lokasi.

JAMBERITA.COM - PT. Andika Perkasa Nusantara (APN) diduga melakukan penyerobotan tanah di empat Desa sekaligus dengan luas sekitar 30 Hektar (Ha) lebih, sehingga diminta angkat kaki dari lokasi.

Tidak terima atas dugaan penyerobotan oleh pihak perusahaan sehingga terjadi pengusiran oleh warga setempat."Kami tidak terima tanah kami di serobot, dan kami minta pergi dari tanah kami," ungkap Warga Rantau Limau Manis, Kabupaten Merangin.

Tidak itu saja, masyarakat pun juga mengusir alat berat merek Hitachi milik PT APN keluar dari lokasi yang dianggap menduduki tanah milik masyarakat.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Rantau Limau Manis Aswani saat dikonfirmasi, menanggapi persoalan tersebut. "Ini adalah tanah milik masyarakat 4 Desa, yang diambil sepihak dari perusahaan PT APN, padahal tanah ini milik masyarakat," tuturnya.

Selanjutnya, dari pihak perusahaan PT APN Ardiansyah mengatakan, ini data tanah dari pemerintah Desa Tanah Garo, yang mengatakan punya wilayah. "Kita dapat data dari pemerintah tanah Garo, " ungkap Manajer PT APN tersebut.

Secara terpisah pihak Kapolsek Muara Tabir IPDA Trisman juga menanggapi terkait dengan sengketa lahan itu."Untuk kondisi sudah damai, "singkat IPDA Trisman.(oli)





Artikel Rekomendasi