">




Uji Publik Dapil DPRD Provinsi Jambi, Dapil Kota Jambi Kehilangan Satu Kursi



Jumat, 20 Januari 2023 - 17:47:30 WIB



JAMBERITA.COM - KPU Provinsi Jambi melaksanakan uji publik untuk penentuan dapil DPRD Provinsi Jambi pada pemilu 2024. Dalam rancangan ini, terjadi pergeseran kursi di beberapa dapil.

"Untuk jumlah kursi masih sama, yaitu 55 kursi. Hanya saja, ada beberapa pergeseran yang terjadi," kata Komisioner KPU Provinsi Jambi, Apnizal, Jumat (20/1/2023).

Ia mengatakan, pergeseran itu terjadi di dapil 1 (Kota Jambi) dan dapil 4 (Kerinci-Sungai Penuh). Sebelumnya dapil 1 ini mendapatkan jumlah 10 kursi, namun pada rancangan kali ini hanya menjadi 9 kursi.

"Dapil 4 itu dari 6 kursi sebelumnya menjadi 5 kursi. Hal ini berdasarkan bilangan pembagi pemilih dan peningkatan jumlah penduduk di beberapa wilayah," sebut Divisi Teknis ini.

Untuk dapil 2 (Batang Hari - Muaro Jambi) mengalami peningkatan dari 10 kursi menjadi 11 kursi. Hal yang sama terjadi di dapil 5 (Bungo-Tebo) yang mengalami penambahan 1 kursi.

"Sisanya, dapil 3 (Sarolangun-Merangin) dan dapil 6 (Tanjabtim-Tanjabbar) tidak mengalami perubahan dan tetap sama seperti pemilu sebelumnya," tutupnya.(am)



Artikel Rekomendasi