">




Ikatan Mahasiswa Sungai Gelam Geruduk Kantor Bupati Muaro Jambi, Berikut Tuntutan nya



Selasa, 17 Januari 2023 - 11:32:48 WIB



Suasana Aksi.
Suasana Aksi.

JAMBERITA.COM - Ikatan Mahasiswa Sungai Gelam (IMSG) menggelar Unjuk rasa dari Bundaran Komplek Perkantoran Pemkab Muaro Jambi menuju Longmars Kantor Bupati Muaro Jambi, Senin (16/1/2023) kemarin.

Aksi tersebut juga diwarnai dengan pemberian kartu kuning kepada Penjabat (Pj) Bupati Muaro Jambi sebagai tanda peringatan atas lambannya dalam menyelesaikan persoalan persoalan yang ada di tengah masyarakat.

Mereka menuntut selamatkan Lingkungan Sungai Gelam dari oknum yang tidak bertanggung Jawab.

Stop Operasional PKS PT Prosymphac Agro Lestari sampai dengan permasalahan lingkungan dituntaskan.

Usut tuntas dan kosongkan pabrik PT PAL, bersihkan dan berhentikan semua aktivitas sekarang juga.

Keterlibatan Pemkab Muaro Jambi yang terkesan lamban mengurusi semua permasalahan yang di Muaro Jambi dan khususnya Sungai Gelam serta juga tidak ada kontribusi perusahaan terhadap masyarakat setempat.

Selanjutnya, permasalahan yang juga menjadi tuntutan IMSG yaitu percepat kinerja Kontribusi yang maksimal kepada daerah yang menghasilkan SDA khususnya MIGAS, terkesan tidak ada sumbangsih kepada daerah penghasil sda/migas; 

Secara aturan, mereka harus punya Analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) sesuai dengan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2012 harus di tegakan.

Ketua Umum IMSG Zulkarnain mengatakan tuntutan massa aksi ini akan terus berlanjut dan mereka akan mengadakan aksi yang lebih besar lagi apabila tuntutan mereka tidak direalisasikan dengan segera."Point tuntutan juga menyampaikan terkait solusi pembagian insentif khusus Daerah penghasil migas/SDA di Muaro Jambi, alokasi khusus dari DBH migas," tegasnya.

Kemudian mereka juga meminta Pemkab Muaro Jambi segera membentuk Forum CSR, serta udit internal pelaksanaan CSR perusahaan kabupaten Muaro Jambi dengan melibatkan masyarakat dalam memastikan CSR tepat sasaran."Perlunya pembentukan Peraturan Bupati Muaro Jambi terkait CSR di Kabupaten Muaro Jambi," jelasnya.

Dalam aksi tersebut, para mahasiswa belum bisa bertemu langsung dengan Pj Bupati karena sedang dinas luar di Jakarta. Melihat Kondisi tersebut aksi dari IMSG berlangsung Chaos antara IMSG dan pihak Keamanan Kepolisian, mereka memaksakan masuk ke Gedung tapi di halangi Aparat sehingga terjadinya saling dorong mendorong.

Pihak IMSG sangat menyayangkan Pj Bupati Muaro Jambi tidak ada di tempat, mereka hanya ditemui oleh Sekda, Asisten 1, Kadis PU, dan Kadis LH. Dengan demikian IMSG mengancam akan melakukan aksi besar-besaran selanjutnya.(afm)





Artikel Rekomendasi