">




Ini Alasan Ratu Munawaroh Dorong Penyandang Disabilitas Maju Pileg 2024 Lewat PDI-P Jambi



Sabtu, 03 Desember 2022 - 18:03:54 WIB



Foto : Wakil Ketua Bidang Politik DPD PDI Perjuangan Provinsi Jambi Ratu Munawaroh.
Foto : Wakil Ketua Bidang Politik DPD PDI Perjuangan Provinsi Jambi Ratu Munawaroh.

JAMBERITA.COM - Wakil Ketua Bidang Politik DPD PDI-P Ratu Munawaroh disebut menjadi sosok perempuan yang mampu memotivasi penyandang disabilitas untuk terjun ke politik dan akan bertarung pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang.

Untuk itu, Ratu Munawaroh ketika dikonfirmasi via telepon genggamnya, Sabtu (3/12/22) membenarkan telah mensupport kedua orang wanita penyandang disabilitas untuk duduk di lembaga legislatif Kota dan Provinsi Jambi dengan alasan dan berbagai pertimbangan.

"Pertama bahwa tentunya saya melihat dulu kapasitas beliau berdua ya kalau kapasitasnya tidak Capable (mampu-red) itu tidak akan menyarankan beliau berdua," katanya. Mereka yang didorong PDI-P tersebut yaitu, Ketua Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Provinsi Jambi Rts Dewi, dan Ketua HWDI Kota Jambi Detty Herawati.

Kemudian kata Ratu, pertimbangan kedua, bahwa memang kebetulan dirinya dari dulu sejak tahun 1999 silam pernah menjadi Ketua Yayasan Sekolah Luar Biasa (SLB) yang pastinya banyak bersimpungan terkait dengan permasalahan permasalahan yang di hadapi oleh para disabilitas, sehingga berdasarkan pengalaman tersebut Ia mencoba memotivasi mereka.

"Bahwa butuh dorongan kuat dari pihak-pihak pemegang regulasi untuk menjalankan berbagai program untuk teman-teman disabilitas itu, tanpa itu itu menjadi memang jalannya lambat, sehingga saya mengusulkan kepada beliau berdua untuk ayo duduk di lembaga legislatif sehingga bisa lebih kencang untuk bisa memperjuangkan apa yang dibutuhkan oleh teman-teman disabilitas," tegasnya.

Ratu berharap, ketika mereka penyandang disabilitas dari PDI-P Jambi nantinya terpilih di legislatif, Saudari Rts Dewi dan Detty Herawati dapat mengawasi Peraturan Daerah (Perda) tentang disabilitas."Kalau ternyata memang pada kenyataannya hanya sebatas Perda tertera, tapi dalam pelaksanaannya tidak dilakukan, kan itu menjadi sia-sia, sehingga keberadaan mbak Dewi, Detty adalah sama-sama untuk ikut mengawasi mengontrol, jika memang kedepannya Perda itu perlu perbaikan perbaikan demi kepentingan semuanya ya memperjuangkan kepentingan semua," tegasnya.

Disisi lain, Ratu menuturkan yang perlu digarisbawahi oleh semua masyarakat Provinsi Jambi, bahwa memperjuangkan penyandang disabilitas bukan hanya masalah ego, tetapi justru bagaimana agar disabilitas tidak menjadi beban negara, bagaimana mereka tetap mandiri bahkan bisa ikut menyumbangkan sumbangsihnya untuk Provinsi Jambi bahkan bangsa Indonesia.

"Harus diingat bahwa mungkin secara fisik mereka punya keterbatasan, tapi justru di balik keterbatasan itu mereka punya kekuatan, orang akan melihat bagaimana di tengah keterbatasan mereka, mereka terus berjuang," ucap Istri dari mendiang Gubernur Jambi dua periode Zulkifli Nurdin tersebut.

Selaku Wakil Ketua Bidang Politik dan juga Ketua Bidang Media DPD PDI-P Provinsi Jambi Ratu menyatakan akan mendorong upaya-upaya bagaimana agar seluruh masyarakat Jambi harus tahu apa saja yang sudah dilakukan oleh saudari Rts Dewi dan Detty Herawati selama ini yang mungkin banyak orang tidak tahu.

"Kita PDI Perjuangan itu sangat terkenal dengan prinsip gotong royong itu yang berkali-kali disampaikan oleh Ketua Edi Purwanto kepada Mbak Dewi dan Mbak Detty, bahwa kita itu di PDI Perjuangan itu akan selalu bergotong-royong," bebernya.

Ratu berkomitmen akan terus meyakinkan meski itu sebuah tantangan selaku Wakil Ketua Bidang Politik dan Bidang Media akan mengkampanyekan, menginformasikan kepada seluruh khalayak ramai tentang apa yang sudah diperbuat oleh Rts Dewi dan Detty. "Dan atas dasar kemanusiaan menginformasikan kepada semua masyarakat tentang apa saja prestasi-prestasi, usaha-usaha yang sudah mereka lakukan," sebutnya.

Seiring berjalannya waktu kedepan, Ratu mengatakan, masyarakat bisa melihat sendiri dan mengunjungi kediaman Dewi dan Detty untuk melihat bagaimana kehidupannya sehari-hari, itu menurut nya, malah jauh lebih baik diantara yang lainnya. "Kemudian akan tahu bahwa mereka memang layak untuk mewakili masyarakat dan stabilitas," tambahnya.

Dalam menghadapi Pileg 2024, Ratu juga meyakini bahwa tidak semuanya suara (money politik) agar bisa duduk menjadi anggota legislatif. Bahwa kata Ratu. Bagi Dewi dan Detty yang dicalonkan untuk maju jangan pernah dihantui dengan rasa kekhawatiran soal tersebut, sebab informasi yang muncul untuk menjadi anggota DPRD perlu biaya yang besar, itu tidak sepenuhnya benar.

"Karena kami sudah membuktikan itu, ada salah satu calon Anggota DPRD di beberapa tempat itu hanya modal 12 juta saja yang mereka lakukan itu sangat low budget, bahwa Maaf bukan berarti money politik kan, yang dilakukan itu memang adalah silaturahmi dari rumah ke rumah, mengatakan bahwa oh iya saya mohon doa restunya, bahwa akan maju selaku wakil rakyat dan apa yang akan kami lakukan seperti itu-itu," tegasnya.

Maka dari itu, Ratu pun sangat meyakini kedua wanita hebat dari penyadang disabilitas yang diberi ruang oleh PDI-P Provinsi Jambi mampu dan tidak menutup kemungkinan terpilih dan duduk menjadi anggota DPRD Kota dan Provinsi Jambi.

"Sangat yakin, karena melihat apa yang telah dilakukan selama ini ya, Jadi mungkin bagi orang lain kekhawatiran itu akan muncul, tapi karena saya melihat langsung apa yang mereka lakukan, saya punya keyakinan, terlebih betul-betul, didukung semua pihak yang memang mempunyai visi misi yang sama untuk disabilitas," tegasnya.

Ratu pun kembali menegaskan, kesempatan yang diberikan kepada penyandang disabilitas untuk menuju di lembaga legislatif juga bukan hanya sebatas kepentingan daripada Partai saja, melainkan atas dasar kemanusiaan untuk digaungkan agar masyarakat Provinsi Jambi tahu bahwa mereka mampu dan layak untuk menjadi wakil rakyat.

"Saya rasa semua juga harus ikut menggaungkan, bahwa ada loh yang berjuang untuk disabilitas, ada loh disabilitas yang juga mau terjun ke politik demi tujuan mulia, demi tujuan untuk jalur cepat, untuk meningkatkan kesempatan-kesempatan yang lebih baik untuk teman-teman disabilitas," harapnya.

Selain itu, terkait dengan adanya penyandang disabilitas yang didorong PDI-P Jambi untuk maju ke Pileg 2024 mendatang, ternyata juga mendapat apresiasi Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan I Wayan Sudirtha. Wayan pun menyampaikan, bahwa baru di Provinsi Jambi yang ada DPD betul-betul mendorong disabilitas untuk mendorong disabilitas maju sebagai calon anggota legislatif.

"Pak Wayan bilang baru di Jambi saya bertemu seperti ini lho, beliau sangat terharu dan sangat mendukung men-support secara moral kepada Mbak Dewi Mbak Detty untuk maju terus. Saya juga sampaikan kepada Mbak Dewi, Detty jangan terbebani untuk menang dulu. Tapi ditujukan dulu, bahwa kita perempuan, kita disabilitas juga tidak bisa dipandang sebelah mata oleh yang lainnya," pungkasnya.(afm)





Artikel Rekomendasi