">




Air Mata Penyandang Disabilitas Menetes, Saat Diberi Ruang PDI-P Jambi Maju Pileg 2024



Sabtu, 03 Desember 2022 - 14:25:51 WIB



Ketua Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Kota Jambi Detty Herawati (Kiri) Ketua HWDI Provinsi Jambi Rts Dewi (Kanan).
Ketua Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Kota Jambi Detty Herawati (Kiri) Ketua HWDI Provinsi Jambi Rts Dewi (Kanan).

JAMBERITA.COM - DPD PDI Perjuangan Provinsi Jambi memberi ruang kepada dua orang perempuan disabilitas maju di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang untuk duduk di DPRD Kota dan Provinsi. Mereka adalah Ketua Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Rts Dewi dan Detty Herawati.

Tim Media DPD PDI-P Provinsi Jambi Marhaen Halim menjelaskan, sebagaimana diketahui bersama bahwa 14 bulan kedepan akan dilaksanakannya pemilihan calon anggota legislatif. Untuk itu PDI-P Provinsi Jambi mendorong penyandang disabilitas - perempuan menjadi keterwakilan.

"Oleh sebab itu dari penyandang disabilitas, PDI-P sebagai pelopor sesuai perintah Ibu Ketua, dan pak Ketua DPD, maka kami ingin PDI-P jadi corong bagi kawan kawan semua, disabilitas dan keterwakilan perempuan, untuk ikut bertarung," ungkapnya saat mempertemukan kedua Bakal Calon Legislatif kepada awak media di salah satu Caffe di kawasan Danau Sipin, Sabtu (3/12/2022).

Menurut Marhaen, mereka nanti sekalian menjadi corong disabilitas juga menjadi keterwakilan bagi perempuan dalam memperjuangkan hak hak mereka."Kami memang berharap masyarakat Provinsi Jambi bisa memberikan dukungan, support, memilih ibu ibu hebat ini, mereka mereka prioritas harus Caleg, harus kita dorong," tuturnya.

Selanjutnya, Ketua HWDI Provinsi Jambi Rts Dewi menyampaikan bahwa selama ini belum adanya yang mewakili kelompok disabilitas di legislatif. Maka alangkah baiknya mereka menjalani kesempatan ini untuk mencoba maju dengan harapan bisa duduk menjadi anggota DPRD.

"Karena yang tahu kebutuhan dan keinginan disabilitas hanya kami yang tahu, termasuk juga bakat bakat apa yang kawan kawan punya dan apa yang kami ingin kan itu hanya kami," tuturnya.

Dewi mengatakan, juga selama proses penganggaran untuk kaum disabilitas tidak ada disebutkan sehingga menjadi motivasi bagi mereka agar mengetahui hak hak disabilitas yang harus didapat."Saya penyandang, saya tidak bisa menikmati liburan, karena kami selain tidak ada akses juga terbatas," ungkapnya.

Selama ini kata Dewi, selain sebagai Ketua HWDI Provinsi Jambi, dirinya hanya sebatas aktivis yang mencoba untuk menyampaikan aspirasi penyandang disabilitas. Namun, dengan demikian hasil nya hanya sekian persen yang berpihak kepada penyandang disabilitas."Jadi ini lah kami menyuarakan disabilitas agar didengar oleh masyarakat," jelasnya.

Baca Juga : Ratu Munawaroh, Jadi Motivasi Penyandang Disabilitas Untuk Jadi Anggota DPRD Lewat PDI-P Jambi

Selain Rts Dewi, PDI-P Provinsi Jambi juga mendorong Ketua HWDI Kota Jambi Detty Herawati menjadi anggota DPRD Kota Jambi untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Pall Merah dan Jambi Selatan di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang.

Pada kesempatan yang diberikan itu, air mata emosional dari Detty Herawati pun juga terlihat ketika menceritakan keluhan, kesulitan kesulitan yang dialami oleh para penyandang disabilitas. Sembari menjelaskan terbatasnya akses bagi mereka untuk mendapatkan hak-haknya.

Dengan nada bergetar, menurut Detty, Ia sangat mengetahui, merasakan apa yang dirasakan oleh kaum disabilitas."Ketika saya diajak PDI-P untuk maju maka ini, suatu kesempatan kami kaum disabilitas untuk maju DPRD," ujarnya kepada awak media, Sabtu (3/12/2022).

Detty mengatakan, ternyata ada pasal yang mengatur bahwa kaum disabilitas itu berhak untuk memilih ataupun dipilih ketika Ia maju di Pemilihan Legislatif (Pileg)." Jadi kami berhak, sebenarnya hak disabilitas itu untuk pendidikan, hak ekonomi hak kesehatan dan kesetaraan, untuk memperoleh pekerjaan dan kesejahteraan," ungkapnya.

Selama ini menurutnya, stigma di masyarakat kelompok disabilitas hanya dipandang sebagai penerima bantuan. Namun disisi lain adakah berpikir tentang bagaimana keberlangsungan hidup bagi para penyandang disabilitas."Ketika kami mengikuti pelatihan teman teman itu jarang mendapat akses, mulai dari keterbatasan, transportasi, kami sangat minim untuk pergi saja mencari ilmu itu saja susah," ungkapnya.

Dari itu, Detty menyatakan dengan kekurangan kekurangan yang telah dirasakan oleh kaum disabilitas ini bisa memberikan energi baru bagi dirinya untuk optimis maju di Pileg 2024 untuk menuntut hak-hak sebagaimana diatur, mulai dari itu dari bangunan, sarana dan prasarana bagi kaum disabilitas itu harus ada.

"Kami percaya diri, kami ingin menular kan kepada teman teman kami yang ada, mungkin disini bisa juga jadi contoh agar teman teman jangan khawatir, terus belajar belajar, berusaha, karena selama ini disabilitas tidak kelihatan karena akses sangat minim," bebernya.

Detty kembali menyampaikan, kalau berbicara tetang Disabilitas itu sangat sensitif."Karena saya ketua kota, sekaligus pengajar, ketika ada suatu acara, saya ingin sekali teman teman bisa ikut, tetapi karena akses tidak memadai jadi tidak bisa. Ragam disabilitas itu banyak sekali, misal harus bahasa isyarat, kursi roda, yang lain perlu transportasi menuju kegiatan itu sangat perlu sekali, kita keterbatasan. Tetapi kita terus memotivasi mereka berulang, yang sebenarnya mereka itu pintar pintar," pungkasnya.(afm)





Artikel Rekomendasi