Buat 3 Rancangan Dapil, KPU Sarolangun Beri Opsi Ciutkan dan Penambahan Dapil



Jumat, 25 November 2022 - 08:41:13 WIB



JAMBERITA.COM – KPU Sarolangun dalam melakukan penataan dapil pada pemilu 2024 ini termasuk menarik. Hal ini diakibatkan pengurangan 5 kursi akibat selisih jumlah penduduk. Dengan kondisi ini, DPRD Sarolangun hanya akan memiliki 30 kursi dari 35 kursi pada pemilu 2019 lalu.

Dalam rancangan pertama, KPU Sarolangun tetap berpatokan pada dapil sebelumnya dengan adanya 4 dapil. Dapil 1 (Sarolangun, Batin VIII) akan mendapatkan 8 kursi yang semula 9 kursi. Dapil 2 (Pauh, Mandiangin, Air Hitam, Mandiangin Timur) memperoleh 9 kursi, dengan artian dapil ini kehilangan 2 kursi.
Dapil 3 (Pelawan, Singkut) memperoleh 8 kursi dari 9 kursi pada pemilu 2019 dan dapil 4 (Cermin Nan Gedang, Limun, Batang Asai) hanya memperoleh 5 kursi dari jumlah sebelumnya 6 kursi.

Untuk rancangan kedua, KPU Sarolangun malah menciut dapil dari 4 menjadi 3. Komposisinya dapil 1 (Batang Asai, Sarolangun, Batin VIII, Cermin Nan Gedang) akan memperoleh 11 kursi. Dapil 2 (Pauh, Mandiangin, Air Hitam, Mandiangin Timur) akan mendapatkan 9 kursi. Dapil 3 (Limun, Pelawan, Singkut) akan mendapatkan 10 kursi.
Pada rancangan ketiga, KPU Sarolangun malah memperbesar dapil menjadi 5. Komposisi perubahan ada pada Mandiangin dan Mandiangin Timur yang menjadi 1 dapil. Mereka sendiri hanya akan memperoleh 4 kursi.

Pauh dan Air Hitam masuk dalam satu dapil dengan perolehan 5 kursi. Sisanya, untuk 3 dapil mendapatkan perolehan kursi yang sama seperti pada rancangan 1.(am)



Artikel Rekomendasi