Buat 2 Rancangan Dapil, Paalmerah Akan Jadi Dapil Sendiri



Jumat, 25 November 2022 - 08:40:53 WIB



JAMBERITA.COM – KPU Kota Jambi sudah mengumumkan rancangan dapil untuk pemilu 2024. KPU Kota Jambi menyiapkan 2 rancangan dapil yang sudah diajukan ke KPU RI.

Untuk rancangan pertama, KPU Kota Jambi menyiapkan dapil yang sama dengan pemilu 2019 sebelumnya. Hanya saja, ada beberapa pergeserakan kursi yang terjadi. Pergeseran itu ada pada dapil 4 (Jambi Timur, Pelayangan, Jelutung, Pasar Jambi) yang dialihkan ke dapil 2 (Alam Barajo).

Dapil 4 sebelumnya memiliki 12 kursi. Setelah digesar dapil ini akan mendapatkan 11 kursi dan dapil 2 akan bertambah dari 7 kursi menjadi 8 kursi. Sisanya, 3 dapil lain akan tetap pada jumlah kursi semula pada pemilu 2019.

Berbeda dengan rancangan kedua, KPU Kota Jambi menyiapkan 6 dapil dengan Paalmerah dijadikan dapil sendiri. Paalmerah sendiri akan mendapatkan jatah 8 kursi. Jambi Selatan akan bergabung dengan Jelutung dan Pasar Jambi dengan memperoleh 9 kursi.

Pelayangan hanya akan bersama dengan Jambi timur dengan memperoleh 6 kursi.
Dengan pemecahan tersebut, dapil Telanaipura, Danau Sipin, dan Danau Teluk akan tetap memperoleh 8 kursi. Alam Barajo tetap mendapatkan penambahan 1 kursi menjadi 8 dan Kota Baru tetap pada 6 kursi.

Hasil ini nanti akan diuji publik dan masyarakat bisa menyampaikan saran yang sudah dipersiapkan form tersebut di website resmi KPU Kota Jambi.(am)



Artikel Rekomendasi