Banyak Jalan Berlubang Akibat Ulah Batu Bara



Kamis, 24 November 2022 - 19:00:45 WIB



Oleh: Putri Anzayani*

 

Jalan merupakan sebuah prasarana yang terdapat diseluruh dunia. Jalan sendiri digunakan sebagai jalur lewatnya transportasi darat, tak hanya transportasi tetapi biasa dilalui oleh manusia, hewan, dan lainnya. Jalan ditemukan pada 3000 SM, tidak ada yang tahu pasti kapan waktu yang tepatnya, tetapi diperkiraan pada tahun 3000 SM. Jalan dibuat oleh pemerintah setempat atau warga-warga setempat. Untuk yang dibuat oleh pemerintah seperti jalan raya, jalan tol, dan jalan-jalan lain yang berbentuk aspal. Namun, untuk jalan-jalan yang masih bertanah atau bahkan jalan-jalan yang berada ditengah-tengah hutan biasanya tercipta dari warga-warga sekitarnya.

Mereka butuh jalan untuk mencapai lokasi yang dituju, namun karena keterbatasan akses dan tempat tinggal yang masih jauh dari kota, jadi terpaksa mereka untuk membuat akses jalan sendiri untuk mencapai tujuan yang diinginkannya. Di Indonesia atau bahkan di negara-negara lain mungkin banyak di dalam pedesaan seperti itu yang belum memiliki akses jalan yang layak untuk dilalui. Bahkan sampai saat ini pemerintah masih banyak bungkam dan lepas tangan terhadap jalan-jalan yang tidak layak.

Terdapat pembagian jalan, salah satu nya pembagian jalan menurut statusnya:

1. Jalan Nasional : sebuah jalan yang berfungsi menghubungkan provinsi satu dengan provinsi lain

2. Jalan Provinsi : sebuah jalan yang menghubungkan antar sebuah kabupaten/kota dengan provinsi

3. Jalan Kabupaten : sebuah jalan yang menghubungkan kelurahan/desa

4. Jalan Kota: Sebuah jalan umum yang menghubungkan antar pusat kota.

Kerusakan jalan yang parah dan terus menerus terjadi, bukan hal yang tidak biasa terjadi di negara kita sendiri. Kerusakan jalan yang menyebabkan banyak jalan yang berlubang dan hancur yang jika dibiarkan terus menerus tanpa adanya tindakan dari pemerintah langsung, akan menimbulkan dampak negatif tentunya bagi pengguna jalan. Tak sedikit kasus akibat jalanan berlubang di Indonesia terjadi. Banyak pengendara yang mengalami kecelakaan akibat jalanan berlubang. Namun belum ada tanggapan dari pemerintah setempat dalam menangani kasus tersebut.

Faktor penyebab utama berlubangnya jalanan adalah akibat muatan beban yang dibawa sang pengguna jalan, terutama bagi mobil batu bara. Semua orang sudah mengetahui bahwa muatan yang dibawa mobil batu bara adalah diluar batas normal. Banyak mobil-mobil batu bara yang melintas di jalanan umum. Hal ini lah yang menyebabkan banyak sekali jalan-jalan yang rusak dan berlubang. Belum ada tindakan untuk membuatkan jalan khusus batu bara dari pemerintah. Tak hanya menyebabkan jalanan rusak dan berlubang, batu bara juga sering menyebabkan kecelakaan. Hal itu disebabkan karena banyak supir batu bara yang mengendarai mobilnya dengan kecepatan di atas normal, dan ugal-ugalan.

Jalanan yang rusak parah dan berlubang sangat mengganggu aktivitas sehar-hari. Apalagi disaat hujan, banyak genangan air yang tertampung di dalam jalanan yang berlubang, dan jika pengendara tidak melihatnya bisa menyebabkan pengendara tergelincir dan terjatuh. Sangat-sangat diharapkan untuk pemerintah setempat untuk menindak lanjuti kasus ini, karena akibat yang ditimbulkan dari jalanan yang rusak dan berlubang ini sendiri sangat tidak bisa disepelekan.(*)

 

Penulis adalah: Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Jambi Jurusan Keperawatan*

 

 



Artikel Rekomendasi