Bullying, Salah Satu Bentuk Pelanggaran HAM



Minggu, 20 November 2022 - 11:20:48 WIB



Oleh:Tantri isriana*

 

 

 

Manusia adalah makhluk yang melakukan intreaksi dengan manusia lainnya.Seorang manusia tidak dapat mencapai apa yang ia inginkan tanpa bantuan dari manusia lain.Manusia menyadari bahwa ia tidak bisa hidup tanpa bantuan dari manusia lain.Akan tetapi,masih banyak yang tidak mengetahui makna dalam hubungan satu sama lain tersebut.

Nah jadi hubungan nya dengan orang lain,terkadang tak selamanya berarah kehubungan yang positif.Negara mengatur dalam Pancasila,supaya adanya interaksi yang baik yang sesuai dengan norma kemanusiaan,apalagi dengan bertambah nya zaman ini justru semakin di anggap sepele,contohnya seperti perilaku bullying yang telah marak di Indonesia ini umumnya di kalangan remaja.

Masa remaja atau masa dewasa ini,sering sekali terjadi kasus Bullying.Bullying dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI),yang artinya adalah proses,cara,perbuatan merundung yang dapat di artikan sebagai seseorang yang menggunakan kekuatan untuk menyakiti atau mengintimidasi orang orang yang lebih lemah darinya.Korban dari bullying ini tidak dari kalangan anak-anak tetapi kebanyakan dari anak SMA atau sederajatnya.

Biasanya dengan memaksanya untuk melakukan apa yang diinginkan oleh pelaku.Tujuan bullying itu biasanya untuk mempermalukan dan menyakiti si korban sehingga pelaku nya merasa lebih hebat.Kebanyakan bullying dilakukan hanya karna bercanda,namun perlu di waspadai walaupun hanya hal yang bercanda tidak adanya tujuan yang buruk,tapi hal yang lucu bagi seseorang mungkin tidak lucu bagi seseorang lainnya.

Sesorang yang menjadi korban dalam bullying ini ia akan merasa adanya trauma dan stress yang mengakibatkan hal hal yang tidak diinginkan umtuk menyakiti dirinya sendiri.Hal tersebut biasanya karena pelaku bullying ini memperlakukan hal yang tidak semestinya,memang sulit untuk menghadapinya namun jika kita yang berada dalam posisi tersebut kita harus bisa melawan dengan sekuat tenaga.Dan melaporkan perbuatan tersebut ke pihak yang berwajib agar si pelaku merasa jera dan berpikir bahwa Tindakan ini salah.

Adapun beberapa jenis jenis bullying yaitu:
a.Bullying secara verbal
Jenis bully secara verbal ini biasanya ada beberapa julukan seperti nama,celaan,fitnah,kritik kejam,penghinaan(baik yang bersifat pribadi maupun rasial),tuduh-tuduhan yang tidak benar gossip dan lain sebagainya.

b.Bullying secara fisik
Bullying yang termasuk dalam jenis ini memukuli,mencekik,meninju,menendang,mengigit,mencakar, serta meludahi anak yang di tindas hingga ke posisi yang menyakitkan,merusak serta menghancurkan barang-barang milik korban.

c.Bullying secara relasional(pengabaian.)
Bullying jenis di gunakan untuk mengasingkan atau menolak seseorang teman atau bahkan untuk merusak hubungan persahabatan.

d.Bullying secara elektonik(crberbullying)
Merupakan bentuk dari perilaku yang dilakukan yaitu melalui saran elektronik seperti computer,internet,website,chatting rom,e-mail,sms dan sebagainya.

Nah jadi kenapa Bullying termasuk dalam bentuk pelanggaran HAM(Hak Asasi Manusia) Dan apa yang di maksud dengan pelanggaran HAM?

Jadi dalam pasal 1 ayat 6 NO 39 Tahun 1999 yang menjelaskan bahwa pelanggaran Hak Asasi Manusia yaitu setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang termasuk aparat negara,baik di sengaja maupun tidak disengaja atau kelalain yang secara hukum mengurangi,menghalangi,membatasi dan atau mencabut hak asasi manusia seseorang atau kelompok orang yang di jamin oleh undang undang dan tidak mendapatkan atau di khawatirkan tidak akan memperoleh penyesalan hukum yang adil dan benar berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku.

Tetapi tak hanya itu juga,semua Tindakan yang dilakukan baik perseorangan maupun sekelompok orang yang berusaha untuk memojokkan dan membatasi tingkah laku terhadap yang lainnya itu sudah pasti termasuk.

Ada juga salah satu ayat Al-Quran yang menjelaskan tentang HAM adalah QS.AL-Maidah/5:8.
“Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum mendorong kamu untuk berlaku tidak adil.”(QS-Maidah/5:8).

Dimana ayat ini mengisyaratkan betapa penting keadilan itu dan betapa perlunya jiwa besar dalam mewujudkan keadilan itu.TIdak benarkan rasa keadilan di korbankan demi kepentingan subjektivitas.

-Upaya Pencegahan Bullying:
Dapat kita siapkan cara untuk mengurango kemungkinan atau pencegahan agar tidak menjadi sasaran Tindakan bullying.
Pertama,bantulah remaja itu untuk menumbuhkan harga diri yang baik,bersikap positif menghargai dirinya sendiri,menghargai orang lain,percaya diri,optimis,dan berani mengatakan haknya.

Kedua,mempunyai banyak teman bergabunglah dengan kegiatan yang positif.
Ketiga,kembangkan keterampilan social untuk menghadapi bullying.

Jadi sudah jelas ya..bahwa bullying ini termasuk dalam pelanggaran HAM,sebab perilaku ini membatasi atau merenggut kebebasan serta merugikan orang lain (korban).

Munculnya kasus-kasus bullying ini bullying ini sebenarnya sudah menodai citra dan kepribadin bangsa.Sebagaimana terdapat pada sila ke 2 “Kemanusian yang adil dan beradap”.Tapi kenyataan nya tak sepenuhnya masyarakat Indonesia yang menerapkan sila tersebut dalam kehidupan sehari-hari,yang ada malah mereka menyimpang dari itu.Ya seperti contoh nya bullying ini yang semakin mecuat pada generasi kita.(*)

 


Penulis:Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Jambi*



Artikel Rekomendasi