Pertamina Patra Niaga Menjawab Kebutuhan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Panel Surya



Rabu, 05 Oktober 2022 - 16:22:05 WIB



JAMBERITA.COM– Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel melalui Depot Pengisian Pesawat Udara Sultan Thaha (DPPU Sultan Thaha) melaksanakan kegiatan Program TJSL Energizing Sekaja Community Desa Energi Berdikari di Kota Jambi.

Kegiatan Energizing Sekaja Community Desa Energi Berdikari ini dihadiri oleh Manager CSR PT Pertamina (Persero), Dian Hapsari Firasati, Area Manager Communication, Relation, & CSR Pertamina Regional Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan, Kabid Pariwisata Kota Jambi, H. Nanang Sunarya, Camat Paalmerah, Amran, Lurah Eka Jaya, Abdul Salim serta Ketua Kelompok Sekaja Samiyo Edi.

Kegiatan ini dilaksanakan guna mensosialisasikan pemanfaatan Panel Surya bagi masyarakat yang berada di Kelurahan Eka Jaya, Kecamatan Paal merah, Kota Jambi.

Lewat Energi Baru Terbarukan (EBT), Pertamina menjawab kebutuhan masyarakat dengan mengutamakan keberlanjutan dan kemandirian. Dengan demikian Pertamina bersama masyarakat mengoptimalkan pemanfaatan energi bersih dan terjangkau dengan tujuan menggerakan perekonomian salah satunya melalui Panel Surya.

Area Manager Communication, Relation, & CSR Pertamina Regional Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan mengatakan, tujuan dengan adanya pemasangan Panel Surya dirumah produksi hasil olahan lele (Dapoer_29) dapat membantu penghematan penggunaan listrik dengan pemanfaatkan Panel Surya, sehingga dapat meningkatan ekonomi UMKM olahan lele dan kemandirian bagi kelompok.

"Pemanfaatan Panel Surya dengan kapasitas 2,2 kWp dan kapasitas lithium baterai 2,4 kWh dapat menyuplai listrik di rumah produksi mitra binaan Pertamina, Kelurahan Eka Jaya. Listrik yang dihasilkan dari Surya Panel ini dapat dimanfaatkan untuk berjalannya Rumah Produksi hasil olahan lele, Budidaya Lele dan Aquaponik, sehingga dapat membantu UMKM memproduksi produk menggunakan energi ramah lingkungan," ujar Nikho.

Edi selaku ketua dari Budidaya Lele sangat bersyukur berkat adanya pemasangan Panel Surya sangat terbantu untuk berjalannya kegiatan yang ada pada kelompok kami.

"Dengan hadirnya energi terbarukan, masyarakat desa bisa berinovasi serta memproduksi produk menggunakan energi yang ramah lingkungan," ungkap Edi.

Adapun manfaat lain dari Program Desa Energi Berdikari ini, dapat menyumbang penurunan CO2 sebesar 5,500kg/tahun menghemat biaya listrik 3,5 Juta/pertahun.

Program ini juga merupakan bagian dari komitmen ESG Pertamina sejalan dengan pencapaian Sustainable Development Goals (SDG's), khususnya point 7 yaitu Energi Bersih & Terjangkau, serta point 13 Penanganan Perubahan Iklim.(*)



Artikel Rekomendasi