FKPT Jambi-Dinas Pendidikan Sepakat Kerjasama Cegah Radikalisme dan Terorisme di Dunia Pendidikan



Rabu, 05 Oktober 2022 - 10:32:11 WIB



JAMBERITA.COM- Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Jambi menjajaki kerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi untuk berkolaboraai dalam penceganan radikalksme dan terorisme khususnya di dunia pendidikan.

Ini disampaikan dalam audiensi yang dilakukan Pengurus FKPT Provinsi Jambi yang dipimpin Ketua FKPT Jambi Prof Asad Isma ke Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Varial Adhi Putra Rabu (5/10/2022).

Ketua FKPT Provinsi Jambi Prof Asad Isma mengatakan perlu melakukan penguatan khusus di kalangan pelajar dan guru untuk mencegah munculnya paham radikalisme terorisme.

"Hasil penelitian, ini termasuk rawan. Kita berharap kita bisa melakukan dini melalui penguatan kebangsaan, mengenal apa itu radikalisme dan terorisme," kata Asad.

Hal serupa juga disampaikan Ketua Bidang Penelitian FKPT Provinsi Jambi M Farisi. Ia menambahkan jika ada beberapa kolaborasi yang bisa dilakukan seperti pelatihan guru PPKN, penguatan kebangsaan di kalangan siswa.

Dalam kesempatan ini juga disampaikan rencana kegiatan Festival Musik 2022 aksi band anak bangsa yang digelar 17 Oktober 2022.

"Dimana acara ini, ala milenial, ada talks show diselingin festival band," tambah Kabid Media Siti Masnidar selaku koordinator acara.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Varial Adhi Putra menyambut baik audiensi ini. Bahkan, Varial berharap ada kegiatan khusus yang dimulai MoU.

"Nanti ada semacam deklarasi dari kalangan pendidikan untuk tolak radikalisme," katanya.

Ia berharap pertemuan ini ada tindaklanjut kongkrit dengan beberapa kegiatan untuk mencegah masuknya paham terorisme di kalangan pelajar.(*)



Artikel Rekomendasi