Gerak Cepat Evi Syahrul Setelah Dilantik Jadi Kepala DLH Muaro Jambi, Ini Evaluasinya



Senin, 08 Agustus 2022 - 10:18:43 WIB



Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muaro Jambi Evi Syahrul Saat Memimpin Apel Perdana Setelah Resmi Dilantik, Senin (8/8/2022).
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muaro Jambi Evi Syahrul Saat Memimpin Apel Perdana Setelah Resmi Dilantik, Senin (8/8/2022).

JAMBERITA.COM - Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup Kabupaten Muaro Jambi Evi Syahrul, sepekan setelah resmi dilantik langsung bergerak cepat dalam melakukan evaluasi program kerja pada dinas yang Ia tempati.

Ini sesuai dengan arahan Pj. Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah pada saat pelantikan JPT Pratama Jum'at (29/72022) pekan lalu, bersama lima pejabat eselon II lainnya, di kawasan Candi Muaro Jambi. Dimana saat itu, Pj Bupati menekankan kepada pejabat tersebut, seminggu setelah dilantik harus ada laporan kerja untuk menjadi bahan evaluasinya.

Evi menjelaskan, Minggu pertama menjabat, Ia telah melakukan langkah-langkah inventarisir permasalahan dan rencana tindaklanjut dari beberapa agenda yang sudah dipersiapkan. Tentu dengan diawali, Senin (1/8) apel, sekaligus memperkenalkan diri sebagai pejabat baru di DLH Muaro Jambi.

"Selasa, 2 Agustus, menghadiri acara kick off meeting sanitasi kawasan permukiman di Aula Bappeda Muaro Jambi. Evaluasi tindak lanjut notulensi rapat senin 1 agustus 2022," katanya, Senin (8/8/2022).

Pada Rabu (3/8), kembali rapat evaluasi terkait dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor layanan laboratorium lingkungan dan evaluasi serapan anggaran kegiatan s.d 31 Juli 2022 sekaligus langkah-langkah percepatan. Itu berlangsung di Aula Lab DLH yang dihadiri oleh PA dan KPA.

"Selanjutnya, inventarisir kebutuhan DLH untuk rencana peningkatan layanan urusan lingkungan hidup pada APBD Perubahan 2022 dan RAPBD 2023 dan diskusi bersama kepala BPKAD dan Kajari Muaro Jambi," ungkapnya.

Kemudian, Kamis, (4/8) dirinya melakukan Pengumpulan Bahan dan Keterangan (Pulbaket) terkait dengan data Izin lingkungan yang merupakan kewenangan Bupati Muaro Jambi dan dilanjutkan diskusi pertama bersama Sekretaris, Kabid dan Kasubag Umum terkait Perbup SOTK DLH.

"Jumat, (5/8), menghadiri rapat konsultasi publik standar pelayanan di DPMPTSP Muaro Jambi dan kembali rapat finalisasi evaluasi Perbup tentang SOTK DLH Muaro Jambi berdasarkan permen LH 74/2016," ungkapnya.

Kesimpulannya, menurut Evi, persentase PAD dari Lab lingkungan sampai dengan 31 Juli 2022 baru mencapai 65% atau senilai Rp. 369.089.620,- dari target Rp. 550.000.000,-. Dan persentase capaian belanja untuk realisasi keuangan dan fisik DLH s.d 31 juli 2022 sebesar 36,14 %, serta ada 7 (tujuh) sub kegiatan yang telah mencapai realisasi keuangan diatas 80%.

"Realisasi yang masih rendah dikarenakan pengadaan alat laboratorium yang masih dalam proses pesanan. Sedangkan capaian yang tertinggi berada pada sub kegiatan pendukung labor dan perjalanan dinas pada sekretariat," kayanya.

Terkait dengan Perbup SOTK DLH Muaro Jambi belum mempedomani Permen LH 74/2016. Selanjutnya, mengenai pakaian dan atribut ASN juga masih belum sesuai peraturan, serta sarana dan prasarana gedung kantor yang masih kurang untuk peningkatan layanan publik.

"Terkait kesimpulan, mohon dengan hormat kepada Pj. Bupati melalui Sekda Selaku ketua TAPD untuk penambahan anggaran DLH pada APBD Perubahan 2022. PAD bisa di tingkatkan karena potensi perusahaan yang menjadi kewenangan Bupati Muaro Jambi sebanyak 316 Perusahaan, sedangkan yang melakukan uji kwalitas air pada labor DLH hanya sebanyak 83 perusahaan," ujarnya.

Selanjutnya, Evi juga mengatakan dari kesimpulan itu juga, tim DLH sudah melakukan penyusunan draft perbup SOTK DLH berpedoman kepada Permenlh 74/2016 yang akan disampaikan kepada Pj Bupati Muaro Jambi melalui Sekda."Untuk ASN, akan dilakukan evaluasi bagi yang melanggar, dan akan di inventarisir kebutuhan sarpras peningkatan layanan publik," pungkasnya.(afm)





Artikel Rekomendasi