Evi Sahrul Duduki Posisi Strategis di Pemkab Muaro Jambi, Ini Riwayat Jabatannya



Sabtu, 30 Juli 2022 - 12:58:02 WIB



Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muaro Jambi Evi Sahrul, Dari Kabid Penataan Lingkungan Hidup Provinsi dilantik Pj Bupati Bachyuni Deliansyah, Jum'at (29/7/2022) kemarin.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muaro Jambi Evi Sahrul, Dari Kabid Penataan Lingkungan Hidup Provinsi dilantik Pj Bupati Bachyuni Deliansyah, Jum'at (29/7/2022) kemarin.

JAMBERITA.COM - Enam Pejabat Eselon II resmi dilantik Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah di kawasan Candi Muaro Jambi, Jum'at (29/7/2022). Seperti diketahui dua orang diantaranya yaitu pejabat aktif dilingkungan Pemprov Jambi yang awalnya mengikuti lelang jabatan terbuka.

Salah satunya adalah Evi Sahrul sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) Penataan Lingkungan Hidup pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jambi. Evi mengatakan, sebelum dilantik Ia sudah menghadap ke Gubernur Jambi Al Haris, Wagub Jambi Abdullah Sani untuk meminta restu.

"Terimakasih pak Gubernur, Wagub, Sekda dan Bu Kadis, karena beliau merestui untuk ikut lelang jabatan, sebelum dilantik juga saya menghadap (Pamit-red) karena saya pejabat aktif di Pemprov Jambi. Alhamdulillah sekarang sudah dilantik mengemban amanah baru di Muaro Jambi," ujar Pria kelahiran Senaung 23 Mei 1779 itu.

Selanjutnya kata Evi, terkait dengan tugas baru dan perintah Pj Bupati bahwa setelah dilantik, satu Minggu kedepan sudah harus ada laporan, juga kemudian 6 bulan setelah dilantik maka akan dilakukan evaluasi. Apabila di anggap tidak mampu maka siap-siap mengundurkan diri secara teratur.

"Iya itu tadi sesuai dengan Pakta integritas yang ditandatangani, setelah pelantikan," katanya menanggapi dengan sudah menyiapkan langkah-langkah dalam menjalankan program kerja di tempat yang baru.

Evi mengungkapkan di DLH tersebut ada dua indikator yang pertama harus Ia ketahui terlebih dahulu. Itu adalah Indikator kerja utama, pada umum nya di Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) dan Indikator Kinerja Utama (IKU). "Nanti saya cek duku, karena itu punya target dan itu akan di review oleh inspektorat daerah, biasanya pakai angka angka," ujarnya.

Setelah dilantik Evi menyatakan dalam satu bulan kedepan paling tidak sudah ada target yang harus tercapai, tentunya sesuai dengan target Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Pemkab Muaro Jambi. "Target satu bulan harus kelar, mungkin molor karena harus banyak dikoordinasikan ke dinas dinas terkait," ungkapnya.

Menurut Evi, karena memang sejauh ini di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab utamanya masih ada Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) yang masih melekat pada dinas lain sehingga dapat menjadi kendala dalam pengajuan anggaran atau jemput bola anggaran dari pusat.

"Contoh misalnya, persoalan sampah itu melekat di OPD Perkim, yang semestinya ada di DLH, nah jadi ketika kita mau mengajukan anggaran ke pusat itu bisa terbentur. Jadi terutama kita mulai benahi adminstrasi Struktur Organisasi Tatalaksana Kedudukan, mudah mudahan, saya yakin bisa dipercepat," jelasnya.

Evi Sahrul merupakan putra daerah Muaro Jambi sempat berkarir di Pemprov Jambi tersebut, juga berharap dengan dilantiknya nya hari ini dan kedepan semua pihak pihak terkait dapat bersinergi."Mudah-mudahan semua kawan kawan di Muaro Jambi bisa saling bekerjasama, niatnya untuk membangun Muaro Jambi," tuturnya.

Untuk diketahui, Evi Sahrul dalam pendidikannya pertama di SD 3/1 (12 Juni 1991) Senaung, SMPN 5 Muaro Jambi, (4 Juni 1994) Sekernan, dan SMU N 6 Kota Jambi dengan jurusan IPA, Kota Baru Kota Jambi (2 Juni 1997). Kemudian pada Strata 1, Evi Sahrul merupakan alumni Universitas Jambi (UNJA) 22-2-2003 jurusan Budidaya Pertanian dan Agronomi. 

Selanjutnya Evi Sahrul sejauh itu dalam daftar riwayat hidup nya sudah beberapa kali mengikuti kursus/pelatihan. Pertama itu pada 9-24 Agustus 2005 Ia mengikuti pendidikan dan pelatihan prajabatan golongan III angkatan III. Pada 6-17 Maret 2006 mengikuti pelatihan sistem informasi geografis.

Pada 29-31 Mei 2006 Evi juga mengikuti Bimbingan Teknis Implementasi Permendagri Nomor 13 Tahun 2006. Lalu pada 15-18 Januari 2008 mengikuti Workshop to Develop The Capacity of Jambi Officers in Reading And Interpetinf Satelite Picture.

Tidak hanya itu Evi juga pernah mengikuti Ahli Pengadaan Nasional Tingkat Pertama pada 7 Juli 2011, mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III Angkatan 43 dan kemudian juga mengikuti pelatihan Sistem Informasi Geografis 5-9 September 2006 silam.

Sementara untuk karir sendiri, Evi Sahrul tercatat 6 kali menduduki jabatan yang terbilang cukup strategis, mulai dari Kepala Sub Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Muaro Jambi selama tiga tahun (2009-2011).

Kemudian dari Kepala Sub Bidang menjadi Kepala Bidang (Kabid) Fisik dan Prasarana Bappeda Muaro Jambi (2011-2015). Kabid Fisik Bappeda Muaro Jambi (2015-2017) lalu bergeser menjadi Kabid Propam Evaluasi, Penelitian dan Pengembangan di tahun 2017 dan menjadi Kabid Layanan Pengadaan Ex/Officio Kepala Unit Layanan Pengadaan (ULP) dari 2017-2029.

Itu sebelum berubahnya nomenklatur menjadi Biro Unit Kerja Pengadaan Barang Jasa (UKPBJ) Setda Provinsi Jambi. Setelah dari sana, Evi kembali menjadi Kabid Penataan Lingkungan Hidup pada DLH Provinsi Jambi 2019 sampai dengan sekarang resmi dilantik menjadi Kepala DLH Muaro Jambi.(afm)





Artikel Rekomendasi