Kualitas Air Sungai Batanghari Menurun, PETI Jadi Salah Satu Faktor Penyebab



Kamis, 09 Juni 2022 - 12:25:37 WIB



Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi Asnelly Ridha.
Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi Asnelly Ridha.

JAMBERITA.COM - Berdasarkan data dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jambi tahun 2021, kualitas air di Sungai Batanghari berada pada poin 48,96. Angka ini menunjukkan Sungai Batanghari sudah mencapai kategori buruk atau tercemar.

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DLH Provinsi Jambi, Asnelly Ridha mengatakan faktor yang menjadikan indeks kualitas air Sungai Batanghari menjadi buruk yaitu faktor ekonomi masyarakat, peran swasta terhadap pengelolaan lingkungan dan aktivitas pertambangan yang menyebabkan kekeruhan.

Diantara faktor yang dijelaskan, menurutnya indikasi utama pencemaran air Sungai Batanghari berasal dari limbah domestik yaitu limbah rumah tangga yang dibuang ke sungai."Ada zat-zat yang berasal dari limbah MCK, sampah rumah tangga, residu pupuk hingga zat zink kemungkinan hasil aktivitas industri," ujarnya.

Nelly juga tidak menampik bahwa aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) juga menjadi salah satu penyebab pencemaran air di Sungai Batanghari. Karena aktivitas PETI menyebabkan kekeruhan air sungai. "Kekeruhan (air sungai,red) bisa karena PETI atau erosi. Tapi tidak dominan, tidak semenonjol zat-zat yang berasal dari limbah rumah tangga," jelasnya.

Ia juga menerangkan, zat merkuri yang biasanya digunakan dalam aktivitas PETI memang pernah ditemui. Namun jumlahnya masih dibawah ambang baku mutu. Ia juga menjelaskan bahwa merkuri masuk dalam kategori logam berat, sehingga kecil kemungkinan akan berpindah tempat.

"Kalau tercemar, wilayah itu sudah di isolasi kerena sedimen jatuh dibawah jarang akan terbawah ke Sungai Batanghari yang disini," jelasnya.Nelly juga mengimbau kepada masyarakat untuk dapat ikut menjaga kelestarian Sungai Batanghari dengan cara tidak membuang sampah ke sungai. (sap)





Artikel Rekomendasi