Indeks Kualitas Air Sungai Batanghari di Angka 48,96 Kategori Tercemar, Ini Penyebabnya



Kamis, 09 Juni 2022 - 10:06:58 WIB



Sungai Batanghari.
Sungai Batanghari.

JAMBERITA.COM - Indeks kualitas air di Sungai Batanghari sudah mencapai kategori buruk atau tercemar. Ini berdasarkan data dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jambi tahun 2021, bahwa kualitas air di Sungai Batanghari berada pada poin 48,96.

Angka tersebut mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, dimana masih berada di angka 51,67 poin. Yang artinya, saat ini air Sungai Batanghari masuk pada kategori dua dan tidak dapat dikonsumsi.

"Berdasarkan hasil pemantauan kami, di titik-titik yang merupakan sungai perbatasan antar kabupaten, memang terjadi penurunan kualitas air Sungai Batanghari," ungkap Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DLH Provinsi Jambi, Asnelly Ridha.

Nelly menerangkan, ada beberapa faktor yang menjadikan indeks kualitas air Sungai Batanghari menjadi buruk. Yaitu, faktor ekonomi masyarakat, peran swasta terhadap pengelolaan lingkungan dan aktivitas pertambangan yang menyebabkan kekeruhan.

Sementara itu, dikatakan Nelly pencemaran air di Sungai Batanghari sendiri bukan hanya dipicu oleh aktivitas limbah dari pabrik. Ia mengatakan indikasi utamanya malah berasal dari limbah rumah tangga yang dibuang ke sungai. "Parameter yang menjadi pencemar utama itu indikasinya adalah sampah rumah tangga," sebutnya.

Tidak hanya merusak ekosistem, pencemaran di Sungai Batanghari juga dapat memicu timbulnya berbagai penyakit dari mikroba pathogen hingga potensi banjir akibat tersumbatnya saluran air oleh sampah plastik dan sampah rumah tangga.

Pencemaran di Sungai Batanghari menjadi tanggungjawab bersama untuk dapat diselesaikan. Nelly juga menghimbau kepada masyarakat untuk dapat ikut menjaga kelestarian Sungai Batanghari dengan cara tidak membuang sampah ke sungai.

Selain itu, tahun 2022 ini pemerintah provinsi Jambi juga tengah mencanangkan program Gerakan Sungai Batanghari Bersih sebagai upaya menjaga ekosistem air khususnya di Sungai Batanghari. (sap)





Artikel Rekomendasi