Malam Penganugrahan Duta Bahasa, Sukardi: Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah



Kamis, 26 Mei 2022 - 10:44:51 WIB



JAMBERITA.COM - Pada Rabu, (25/5/2022) malam, Kantor Bahasa Provinsi Jambi menyelenggarakan malam penganugerahan Duta Bahasa. Sebanyak tujuh peserta bersaing untuk menjadi duta bahasa Provinsi Jambi.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi, Sukardi Gau dalam sambutannya mengatakan duta bahasa yang terpilih akan mewakili Provinsi Jambi, untuk ikut serta dipemilihan duta bahasa tingkat nasional.

"Jadi harapan kita bukan sekedar di provinsi saja tapi bisa mewakili Jambi ke ajang nasional dan bisa mempromosikan bahasa daerah Jambi, serta kita ingin tingkatkan lagi bahasa Indonesia," kata Sukardi.

Ia juga berharap, Duta Bahasa yang terpilih dapat berperan aktif untuk melestarikan bahasa daerah. Khususnya bahasa Jambi. "Utamakan Bahasa Indonesia, lestarikan bahasa derah dan kuasai bahasa asing,” lanjutnya.

Selanjutnya, Ketua penyelenggara kegiatan malam penganugerahan Duta Bahasa, Lukman Tanjung mengatakan kegiatan ini telah rutin diselenggarakan setiap tahun dan menjadi program unggulan.

"Jadi kita mengajak untuk lebih peka serta juga dukung dan melestarikan bahasa daerah meski tak luput juga bahasa asing," jelasnya.

Dalam malam penganugerahan tersebut, terpilih sebagai duta bahasa Provinsi Jambi Ahmad Zaed Abdul Ajis, mahasiswa UIN STS Jambi dan Malika Hidjrati Dewi mahasiswa UNJA.

Diketahui, awalnya ada sebanyak 153 peserta yang mendaftar untuk menjadi duta bahasa Provinsi Jambi. Namun, dari berbagai tahapan yang dilakukan tersaring menjadi 7 peserta.

"Namun dari 7 perseta, kita pilih kembali untuk menjadi duta bahasa dan bagi juara bisa ikut kompetisi nasional serta menjadi perwakilan Jambi," ujarnya. (*/sm)



Artikel Rekomendasi