TKSK Matanya Pemerintah, Perlu Sinergitas Dalam Penanganan Sosial



Selasa, 24 Mei 2022 - 14:46:56 WIB



Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jambi Arief Munandar.
Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jambi Arief Munandar.

JAMBERITA.COM – Bimbingan Teknis (Bintek) Peningkatan Kapasitas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kabupaten Kota se Provinsi Jambi secara resmi di buka, Selasa (24/5/2022).

Kepala Dinas (Kadis) Sosial Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinsosdukcapil) Provinsi Jambi Arief Munandar mengatakan, intinya kegiatan ini mensinergikan program program baik dari pusat, provinsi maupun kabupaten kota terkait penanganan 26 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

"Itu mulai dari anak terlantar, anak anak yang berhadapan dengan hukum, narkoba anak tidak mampu, disabilitas, lansia dan lainnya. Nah ini perlu penanganan yang terintegrasi dari desa sampai ke pusat," kata Arief, Selasa (24/5/2022).

Arief mengatakan untuk di Provinsi Jambi sendiri jumlah TKSK itu sebanyak 144 orang yang sesuai dengan SK Kementrian Sosial (Kemensos) dan juga berdasarkan jumlah kecamatan.

"Kemungkinan ada penambahan karena ada pemekaran, jadi mereka ini adalah matanya pemerintah baik Mensos, Gubernur, Bupati Walikota terhadap permasalahan permasalahan sosial," jelasnya.

Untuk itu dengan dilaksanakan nya rakor atau bimbingan teknis yang dibuka langsung oleh Gubernur Jambi Al Haris ini, untuk mensinergikan semua program dalam permasalahan sosial yang ada.

"Mereka adalah garda terdepan, perlu sinergis misalnya, ada anak tidak mampu mau berobat tetapi mereka tidak tahu mau kemana karena tidak paham, jadi mereka TKSK ini yang membantu untuk anak tadi mengurus atau minta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) ke Desa atau Kelurahan," jelasnya.(afm)





Artikel Rekomendasi