UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi Masuk Rangking Dunia



Kamis, 28 April 2022 - 19:21:49 WIB



Universitas Negeri Islam Sultan Thaha Saifuddin Jambi mengumumkan peringkat 20 Impact Rangkings, Kamis (28/4/2022).
Universitas Negeri Islam Sultan Thaha Saifuddin Jambi mengumumkan peringkat 20 Impact Rangkings, Kamis (28/4/2022).

JAMBERITA.COM - Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin (UINSTS) Jambi masuk rangking dunia dan satu satu nya memperoleh Rangking The Impact Rangkings Tahun 2022. Di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di bawah Kementerian Agama.

Secara keseluruhan dari 17 indikator yang diukur, ditingkat nasional UIN STS Jambi berada pada peringkat 20 bersama 9 Universitas lainnya versi The Impact Rankings di Indonesia.

Rektor UIN STS Jambi Prof Dr Su'adi Asy'ari, MA, Ph.D mengatakan ini merupakan sejarah terbesar UIN STS Jambi sepanjang tahun. "Alhamdulillah tanggal 7 kemarin sebenarnya kami sudah dikirim ke email, baru dibuka tanggal 16 Pagi baru ketahuan bahwa kami diundang ke Skotlandia Swedia untuk bersama-sama mengikuti pengumuman rangking dunia ini," paparnya.

Menurut Rektor, pihaknya telah menerima informasi dari penyelenggara rangking dunia bahwa akan masuk dalam pemeringkatan Time High Education (THE) impact Rangkings 2022. THE Impact Rankings adalah sebuah lembaga pemeringkat yang mengukur kontribusi universitas-universitas di dunia berdasarkan kontribusi terhadap 17 tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang berpusat di London.

"Pencapaian Peringkat UIN STS Jambi sangat dahsyat mengingat perubahan dari IAIN ke UIN baru berumur 4 tahun-an (sejak tahun 2017). Perubahan menjadi UIN sangat berarti dalam pengukuran nilai karena melibatkan banyak aspek sains, teknologi, lingkungan, dan budaya," katanya.

Rektor menjelaskan, dengan masuknya UIN STS Jambi dalam THE Impact Rankings 2022 memberikan gambaran universitas mana yang paling kuat membuat langkah positif menuju Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

"THE Impact Rankings sangat penting untuk diikuti agar UIN STS Jambi mampu melihat sebara besar kegiatan atau program dan upaya institusi dalam pembangunan berkelanjutan, serta menjadi bagian penting untuk bahan evaluasi khususnya pada bidang penelitian karena indikator penilaian ranking THE didominasi oleh indikator penelitian," ujarnya.

Tidak hanya itu, di bidang pendidikan dan pengajaran, UIN STS Jambi dituntut untuk melakukan terobosan pada aspek pengajaran, dengan fokus pada keunggulan pengajaran dan keberhasilan peserta didik, dan dituntut untuk melakukan program-program yang berdampak terhadap masyarakat dan lingkungan seperti mengakhiri kemiskinan dan kelaparan.

"Mempromosikan kesehatan dan kesejahteraan yang baik dan pendidikan yang berkualitas; mencapai kesetaraan gender dan pertumbuhan ekonomi; penyediaan akses air bersih dan sanitasi serta energi bersih dan terjangkau; mendorong inovasi; mengurangi ketidaksetaraan; membangun kota dan komunitas yang berkelanjutan dan mencapai konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab; mengatasi perubahan iklim; mengelola kehidupan di bawah air dan kehidupan di darat secara berkelanjutan; mempromosikan masyarakat yang damai; dan merevitalisasi kemitraan global," terangnya.

Rektor mengatakan, masuknya UIN STS Jambi akan memberikan dampak yang positif seperti akan semakin dikenal oleh masyarakat global, mempermudah menjalin kerjasama dengan kampus-kampus terbaik dunia, menciptakan lingkungan yang sehat, bersih, indah dan asri di lingkungan kampus, serta meningkatkan kolaborasi program dengan pemerintah daerah dalam mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

"Langkah berikutnya, UIN STS Jambi akan terus menjalin kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian dengan berbagai pihak untuk mendukung ketercapaian program-program yang di ukur dalam THE Impact Rankings, serta akan mentargetkan ranking yang lebih tinggi lagi yakni THE World University Rankings yang lebih tinggi lagi seperti ‘’World University Ranking’ yang memasukkan volume publikasi minimum sebagai bagian dari kriteria kelayakan," jelasnya.

THE Impact Rankings adalah sebuah lembaga pemeringkatan yang mengukur kontribusi universitas–universitas di dunia berdasarkan kontribusi universitas terhadap 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang terdiri dari.

SDG1: Tanpa kemiskinan (No Poverty) Indikator SDG 1 UIN STS Jambi telah menunjukkan keikutsertaan dalam ruang lingkup Tri Dharma perguruan tinggi, seperti misalnya menyediakan pendidikan gratis bagi siswa yang kurang mampu dengan berbagai beasiswa, dukungan dalam penyediaan asrama mahasiswa dan transportasi.

SDG2: Tanpa Kelaparan (Zero Hunger) UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi telah ikut serta dalam upaya menghapuskan kelaparan dunia melalui banyak cara, salah satunya dengan kegiatan Sutha Care. Sutha Care adalah program untuk memberi bantuan makanan kepada mahasiswa dan karyawan, serta memberi bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan berupa sembako dan pakaian yang layak pakai. Pimpinan UIN STS Jambi juga senantiasa memberikan himbauan dan contoh untuk meminimalisir limbah makanan yang dihasilkan dari kampus.

SDG3: Kehidupan sehat dan sejahtera (Good Health and Wellbeing) UIN STS Jambi telah melakukan agenda yang mempromosikan kesejahteraan dan kehidupan yang sehat melalui klinik dan Apotek SUTHA, serta melalui program layanan dari praktek dokter.

SDG4: Pendidikan Berkualitas (Quality Education) UIN STS Jambi telah melakukan peningkatan kualitas hidup manusia melalui Pendidikan dengan menyediakan akses terhadap pendidikan yang inklusif bagi semua orang.

SDG5: Kesetaraan Gender (Gender Equality) Perempuan remaja maupun dewasa masih terus mengalami diskriminasi dan kekerasan diberbagai belahan dunia, Kesetaraan gender adalah hak dasar dan merupakan landasan bagi dunia yang lebih baik dan berkelanjutan. UIN STS Jambi telah secara aktif ikut serta dalam upaya kesetaraan gender dengan menjamin partisipasi mahasiswa perempuan pada kegiatan–kegiatan kampus dan keterwakilan perempuan dalam ruang publik di lingkungan kampus.

SDG6: Air besih dan sanitasi layah (Clean Water and Sanitation) Air yang bersih dan sanitasi yang layak menjadi kebutuhan mendasar bagi manusia. UIN STS Jambi telah ikut serta dalam upaya menjaga ketersediaan air melalui beberapa program seperti menjaga hutan kampus tetap asri, melakukan penanaman pohon pada lahan yang gersang, membuat embung atau danau di lingkungan kampus, serta mendorong sivitas akademika untuk menggunakan air secara bijak.

SDG7: Energi bersih dan terjangkau (Affordable and Clean Energy) UIN STS Jambi telah mengambil bagian dalam upaya mendukung energi bersih terbarukan dengan menggunakan panel surya, alat-alat elektronik yang hemat energi, smart garden dan mendorong sivitas akademika untuk menggunakan energi secara bijak.

SDG8: Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi (Decent Work and Economic Growth) UIN STS Jambi telah mengambil bagian untuk menjamin tidak ada perbudakan modern dalam segala bentuk di lingkungan universitas.

SDG9: Industri, inovasi, dan infrastruktur (Industry, Innovation and Infrastructure) UIN STS Jambi terus berupaya untuk melakukan inovasi dalam hal transportasi, irigasi, energi dan teknologi informasi dan komunikasi melalui keterhubungan dengan sektor industri.

SDG10: Berkurangnya kesenjangan (Reduced Inequalities) UIN STS Jambi telah menerapkan kebijakan tentang larangan diskriminasi kepada siapapun, serta memberikan perhatian khusus terhadap mahasiswa atau karyawan disabilitas dengan membentuk pusat kajian layanan disabilitas serta terus malakukan perbaikan fasilitas sesuai standar internasional.

SDG11: Kota dan pemukiman yang berkelanjutan (Sustainable Cities and Communities) UIN STS Jambi memberikan perhatian yang sangat serius terhadap budaya, dengam membentuk pusat kajian budaya, memberi ruang bagi mahasiswa untuk seni budaya, dan membuat museum, serta melakukan digitalisasi warisan budaya.

SDG12: Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab (Responsible Consumption and production) UIN STS Jambi telah bergerak untuk mengurangi jumlah sampah dengan menerapkan kebijakan pengurangan sampah, melalui program diantaranya penggunaan botol air minum isi ulang atau tumbler, menyediakan tempat untuk isi ulang air minum (galon), melakukan daur ulang sampah plastik, dan membuat beberapa edukasi terkait dengan sampah.

SDG13: Penanganan Perubahan Iklim (Climate Action) UIN STS Jambi telah banyak melakukan gebrakan dalam penanganan perubahan iklim diantaranya, program penanaman pohon, menjaga hutan kampus, penggunaan energi berkelanjutan, melakukan Gerakan bersepeda, melakukan riset dan pendidikan sadar lingkungan, dan menjadi pelaku utama dalam penggunaan karbon rendah.

SDG14: Ekosistem Lautan (Life Below Water) UIN STS Jambi telah berkontribusi pada tujuan sdgs 14 diantaranya melalui beberapa program, diantaranya mengadakan workshop dan pengabdian kepada masyarakat tentang mengukur parameter kelayakan air minum, melakukan monitoring terhadap Kesehatan ekosistem perairan, monitoring dilakukan melalui kegiatan survei, dan mengolah limbah cair dengan STP (Sewage Treatment Plant).

SDG15: Menjaga ekosistem darat (Life on Land) UIN STS Jambi memiliki hutan di dalam area kampus seluas 239.471 m2 sebagai lokasi promosi program konservasi. Selain itu, UIN STS Jambi terus maju menjadi lokomotif perubahan sosial di bidang lingkungan. Salah satunya dengan menjadi kampus yang hijau dan ramah lingkungan.

Melalui Green Sutha, UIN Jambi menerima sumbangan 1550 pohon secara gratis dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Provinsi Jambi. Green Sutha telah mendistribusikan bibit pohon tersebut ke masing-masing fakultas dan telah menanamnya di kawasan hutan kampus dengan melibatkan mahasiswa.

SDG16: Perdamaian, keadilan dan kelembagaan yang tangguh (Peace, Justice and Strong Institutions) UIN STS Jambi memiliki ahli dalam beberapa hal seperti masalah hukum yang menyelesaikan masalah kampus dengan pihak tertentu baik pihak masyarakat maupun dengan pemerintah daerah.

UIN STS Jambi juga memiliki Pusat Kajian Antikorupsi yang mengatur tentang kebijakan kampus untuk menciptakan kampus bersih dari korupsi dan menciptakan WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBWM (Wilayah Bersih Wajib Melayani).

SDG17: Kemitraan untuk mencapai tujuan (Partnership for the Goals) UIN STS Jambi telah melakukan kerjasama dengan berbagai Lembaga pemerintah, swasta, universitas, industry, dan NGO, seperti halnya Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama untuk mendukung pencapaian tujuan SDGs ke 3 “Good Health and well-being”, PT. PGAS Telekomunikasi Nusantara untuk mendukung peningkatan akses jaringan komunikasi sebagai bentuk peningkatan layanan pendidikan bagi mahasiswa (SDGs ke 4 Quality Education), PT Esri Indonesia untuk meningkatkan kualitas riset (SDGs ke 4 Quality Education), Bank Indonesia sebagai pemberi beasiswa UIN SUTHA, dan yang lainnya.(afm)





Artikel Rekomendasi