Datang Ke Kota Jambi, Menko PMK Kunjungi Wilayah Kemiskinan Ekstrem



Minggu, 28 November 2021 - 10:19:11 WIB



JAMBERITA.COM - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy didampingi Wakil Walikota Jambi Maulana menyerahkan bantuan sosial kepada warga di kelurahan Legok kecamatan Danau Sipin.

Lebih kurang 10 Kepala Keluarga di RT 36 kelurahan Legok mendapatkan bantuan sosial berupa paket sembako. Bantuan diberikan secara simbolis untuk nantinya akan disalurkan kepada seluruh warga yang benar-benar membutuhkan.

"Sudah dengan tugas saya sebagai Menko PMK itu melakukan koordinasi dan sinkronisasi serta pengendalian program-program pembangunan SDM yang itu tersebar di beberapa kementerian dan lembaga. Kita ingin melihat di lapangan sinkron gak satu sama lain nyambung enggak. Kalau yang belum nyambung kita sambung," jelasnya. Sabtu, (27/11/2021).

Muhajir menambahkan, selain memberikan bantuan sosial. Dirinya juga datang untuk melihat lokasi wilayah yang masih terdapat keluarga dengan kemiskinan ekstrem di Kota Jambi.

"Saya berkunjung disini untuk melihat wilayah kantong-kantong kemiskinan ekstrem di wilayah Kota Jambi ini. Kita lihat bersama Gubernur masalahnya apa, termasuk ini adalah langganan banjir nanti kita koordinasi dengan kementerian PU PR," terangnya.

Ditambahkan Maulana, bahwa saat ini angka kemiskinan di Kota Jambi sebanyak 8,27 persen dari total penduduk atau sekitar 50 ribu jiwa.

"Jadi Kota Jambi ini angka kemiskinan 8,27 persen sekitar 50 ribu lebih jiwa. Separuhnya 4,17 persen hampir 24 ribu jiwa itu miskin ekstrem," ungkapnya.

Sementara itu yang masuk untuk mendapatkan bantuan ada sekitar 19 ribu. "Jadi masih ada 6 ribu lagi yang itu pak Menteri turun langsung door to door," sebutnya.

Maulana mengatakan bahwa wilayah kemiskinan ekstrem di Kota Jambi tersebar menyeluruh. Khususnya di daerah kumuh dan pinggiran. (sap)





Artikel Rekomendasi