Adu Kuat Cikbur VS Mashuri di DPP Rebut Ketua Demokrat Jambi



Kamis, 25 November 2021 - 11:55:46 WIB



JAMBERITA.COM- Suhu politik di Partai Demokrat mulai hangat. Ini dengan munculnya dua nama dalam Musyawarah Daerah (MUsda) Partai Demokrat Provinsi Jambi. Mereka adalah Burhanuddin Mahir yang merupakan petahana dan Mashuri sebagai pendatang baru di Demokrat yang saat ini menjabat Bupati Bungo.

Burhanuddin Mahir sendiri menjadi Ketua Demokrat lima tahun lalu juga melewati sejumlah drama. Saat itu, Ia berhasil menyingkirkan H Hasan Basri Agus (HBA).

Dimana, sebelum pemilihan HBA memilih untuk mengundurkan diri sebagai Anggota Demokrat dan kini bergabung ke Golkar.

Burhanuddin sendiri juga bukan orang lama di Demokrat. Ia pernah menjadi Ketua DPRD Batanghari dari Golkar. Saat mencalonkan diri sebagai Bupati Muaro Jambi Ia maju dari PAN dan menjabat sebagai ketua PAN Muaro Jambi. Setelah itu, Ia melompat ke Demokrat dan kini menjadi Ketua Demokrat Provinsi Jambi.

Sementara Mashuri tercatat Ketua Wanhat Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Bungo. Ia pernah menjadi wakil Bupati Bungo dan kini menjabat Bupati Bungo untuk periode kedua.

Perwakilan DPP yang menjadi tim verifikasi, Roki mengatakan jika pendaftaran calon ketua Demokrat dilakukan di DPP. Di Jambi, hanya penyampaian berkas saja untuk dilakukan verifikasi apakah memenuhi syarat atau tidak.

Terkait syarat, Roki mengatakan sudah diatur di PO diantaranya memiliki dukungan minimal 20 persen dari total pemilih suara sah. Lalu melengkapi berkas adminsitrasi termasuk memiliki KTA. Untuk kTA sendiri tidak ada minimal keanggotaan.

“Karena kita partai terbuka, tidak ada minimal keanggotaan. Sejauh komitmen untuk selaras dengan visi dan misi Demokrat,” katanya.

Setelah itu dilakukan verifikasi, nantinya Musda mengusulkan paling banyak tiga nama. Jika ada satu atau dua calon yang mendaftar dan memenuhi syarat makan itu diajukan ke DPP. Kemudian, fit and proper test dilakukan di DPP. “DPPlah nanti yang memutuskan berdasarkan Hasil fit and proper test,” lanjutnya.

Lalu bagaimana peluang keduanya untuk memenangkan kontetasi ini?

Burhanuddin Mahir sendiri sudah mengantongi 8 suara. Yakni 7 DPC dan satu DPD.  dapun 7 Ketua DPC yakni Kota Jambi, Tanjabbar, Tanjabtim, Sarolangun, Bungo, Muaro Jambi, dan Merangin.

Sementara Mashuri sendiri saat ini sudah mendapatkan kartu tanda anggota (KTA) Partai Demokrat sebagai syarat untuk maju. Ia diusung oleh sejumlah Ketua DPC diantaranya Ketua DPC Sungai Penuh Fikar dan Tebo Syamsul Rizal yang ikut mengantarkan berka ske tim verifikasi. 

Sejumlah mantan Ketua DPC juga ikut hadir yakni Nasir, Mantan ketua DPC Kota yang kini sudah diganti dengan Plt dan Musharsyah, Mantan ketua DPC Sarolangun yang juga sudah dicopot dari Ketua DPC Sarolangun.

Namun, jumlah suara tidak memberikan jaminan untuk memenangkan kontenstasi ini.  Karena dengan mekanisme saat ini, maka pertarungan Cik Bur dan Mashuri berada di DPP.

Dari sisi jaringan keduanya saat memiliki kemampuan untuk masuk ke DPP. Gerbong Mashuri dikawal oleh ketua DPC yang merupakan kader lama. Begitu juga Burhanuddin Mahir. Ia merupakan politisi ulung yang selalu memenangkan pertarungan.(sm)





Artikel Rekomendasi