Mahasiswa Wirausaha UNJA Raih Prestasi Nasional



Minggu, 21 November 2021 - 20:16:08 WIB



JAMBERITA.COM- Mahasiswa Wirausaha Universitas Jambi meraih prestasi jara 2 bidang makanan dan minuman tim Gubuk Nenas dan juara 1 stand terbaik expo secara offline di ajang kompetisi Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XII Tahun 2021, yang diselenggarakan di Universitas Brawijaya Malang, pada tanggal 17-19 November 2021. KMI Expo XII diikuti oleh seluruh mahasiswa wirausaha dari berbagai universitas di Indonesia, baik PTN maupun PTS.

Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) merupakan Program Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Diktiristek Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam rangka implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) serta mengembangkan kemampuan dan jiwa berwirausaha mahasiswa Indonesia.

KMI Expo bertujuan untuk:

Menjadi wadah pengembangan wirausaha mahasiswa Indonesia;  

Menyediakan sarana promosi bagi wirausaha mahasiswa Indonesia; 

Memotivasi mahasiswa Indonesia menjadi wirausaha yang tangguh, unggul serta mampu untuk bersaing baik secara lokal maupun global; 

Menyediakan ruang kolaborasi dan sinergi (collaboration and synergy) untuk mahasiswa saling berinteraksi, bekerjasama, dan berinovasi.

Ada pun agenda utama program kewirausahaan yang dilaksanakan terdiri atas Workshop Kewirausahaan, Kegiatan Bisnis Manajemen Mahasiswa Indonesia (KBMI), Akselerasi StartUp Mahasiswa Indonesia (ASMI), dan Pendamping Wirausaha Mahasiswa Indonesia (PWMI) kemudian dilanjutkan Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) sebagai puncak pelaksanaan kewirausahaan mahasiswa Indonesia. 

Universitas Jambi mengirim sebanyak empat belas (14) orang mahasiswa sebagai delegasi dalam KMI Award XII 2021 di Universitas Brawijaya. Dari empat belas orang mahasiswa tersebut terbagi ke dalam empat (4) tim, yaitu Gubuk Nenas (Kategori Makanan dan Minuman), Noleh Jambi (Kategori Jasa dan Perdagangan), Pakdo Jambi (Kategori Industri Kreatif), dan Roemah Zawanira (Kategori Industri Kreatif). Tim Gubuk Nenas, Pakdo dan Noleh Jambi dengan dosen pembimbing Drs. Agus Syarif, MBS dan Roemah Zawanira dengan dosen pembimbing Metha Monica, S.Pi., M.P.

Seluruh tim telah melewati berbagai proses penilaian mulai dari tahap pengumpulan proposal pengajuan pendanaan, tahap evaluasi bulanan, hingga tahap presentasi akhir yang dilakukan selama kurang lebih enam bulan terakhir. Dari penilaian akhir tersebut, Universitas Jambi berhasil meraih dua (2) penghargaan dalam acara puncak KMI Expo XII 2021, yaitu Juara 2 Nasional Kategori KBMI Sub Makanan dan Minuman yang diraih oleh tim Gubuk Nenas dan Juara 1 Nasional Stand Pameran dan Bazar Terbaik Kategori Offline.

Gubuk Nenas mendapatkan perhatian khusus dari dewan juri sejak diadakannya penilaian evaluasi bulanan dan presentasi akhir karena keunikan usaha yang dijalankannya. Tim Gubuk Nenas beranggotakan enam (6) orang ini: Adam Al Fatah, Rina Mardiana, Dwi Istiqomah, Ibsti Qomariah, Deci Fachrosi, dan Richi Dwiardiansyah. Gubuk Nenas bergerak di bidang usaha kuliner dan minuman fungsional serta mengangkat potensi buah nanas dari Desa Tangkit Baru, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Selain menjadi komoditas unggulan, masih banyak buah nanas yang tidak mampu memasuki pasar sehingga terbuang percuma. Berangkat dari permasalahan tersebut, tim Gubuk Nenas menjadikannya peluang usaha dan bisnis melalui konsep pemberdayaan masyarakat.

Prestasi yang diraih mahasiswa wirausaha Universitas Jambi merupakan output nyata dari komitmen penuh jajaran Pimpinan Universitas Jambi untuk menumbuhkan budaya kewirausahaan di kalangan mahasiswa, memfasilitasi, membina dan mendampingi kegiatan-kegiatan kewirausahaan mahasiswa guna mengusung keunggulan nilai akademik sebagai Entrepreneurship University yang berkontribusi dalam menumbuhkembangkan kewirausahaan mahasiswa dan perusahaan pemula (start up) berbasis teknologi di bidang agroindustri dan lingkungan.

Wujud nyata komitmen dimaksud berupa dukungan penuh yang diberikan atas keikutsertaan delegasi mahasiswa dalam KMI Expo XII di Universitas Brawijaya Malang, baik secara moril maupun material.(*)





Artikel Rekomendasi