Ingin Tidak Mudah Lapar? Konsumsi 4 Makanan Ini



Jumat, 19 November 2021 - 14:02:08 WIB



Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA- Makan adalah kebutuhan dasar setiap manusia. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, manusia dapat memilih jenis makanan yang tersedia. Beberapa makanan memiliki kemampuan masing-masing untuk memberikan rasa kenyang kepada manusia. Namun, tidak semua makanan memberikan rasa kenyang dalam durasi yang lama. Misalnya makanan yang mengandung banyak gula cenderung membuat cepat lapar.

Karena itu, penting untuk memberi perhatian lebih kepada jenis makanan yang akan dikonsumsi. Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima makanan yang mengenyangkan.

1. Kentang rebus

Kentang adalah makanan yang sangat padat dan kaya akan beberapa nutrisi yang menyehatkan tubuh, seperti pati dan vitamin C. Melansir dari medicalnewstoday.com, kentang rebus memiliki skor indeks kenyang tertinggi atau satiety index, yaitu sebesar 323. Studi yang diterbitkan oleh Annals of Nutrition & Metabolism menunjukkan bahwa konsumsi kentang dapat mengurangi nafsu makan.

2. Telur

Telur mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh, antara lain antioksidan lutein dan zeaxanthin yang menyehatkan mata. Sebagaimana dijelaskan dalam womansday.com, telur juga merupakan bahan makanan yang mengenyangan karena kandungan proteinnya yang tinggi. Dalam satu telur setidaknya mengandung 6 gram protein sehingga sangat cocok untuk menu diet.

3. Oatmeal

Oat atau oatmeal (bubur) merupakan salah satu menu sarapan yang populer. Oatmeal memiliki rendah kalori dan mengandung sumber serat baik yang larut bernama beta glukan. Serat ini dapat melepaskan hormon kenyang dan menunda lapar. Oatmeal juga mempunyai skor tertinggi dalam satiety index, sebagaimana dilansir dari healthline.com.

4. Alpukat

Melansir dari bicycling.com, alpukat mengandung serat dan lemak yang menyehatkan dalam jumlah tinggi. Hal ini membuat alpukat menjadi makanan yang mengenyangkan dan memperlambat percernaan makanan dalam tubuh. Di dalam alpukat, terdapat asam oleat alpukat, sebuah lemak tak jenuh tunggal yang dapat memberikan sinyal ke otak bahwa perut kenyang.(sumber.tempo.co)



Artikel Rekomendasi