Pengganti PAW Zainul Arfan Dilantik Besok



Senin, 25 Oktober 2021 - 19:56:47 WIB



JAMBERITA.COM- Politisi PDI Perjuangan, Samsul Riduan akan dilantik sebagai anggota DPRD Provinsi Jambi hari ini, Selasa (26/10/2021). Ia menggantikan Zainul Arfan dalam Pergantian Antar Waktu (PAW) setelah terbelit korupsi suap RAPBD Provinsi Jambi tahun 2018.

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto mengatakan, Samsul Riduan akan diambil sumpah dan ditetapkan sebagai anggota legislatif dalam rapat Paripurna. “Besok (hari ini, red) pelantikan dan penetapannya,” ujar Edi.

Edi menyebutkan, pengambilan sumpah dilakukan setelah ditetapkannya keputusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) nomor: 161.15/4882 tentang peresmian pemberhentian anggota DPRD Provinsi Jambi.

“Kemudian terbitnya surat nomor 161.15-4883 tentang peresmian pengangkatan pergantian antar waktu anggota DRPD Provinsi Jambi,” katanya lagi.

Setelah dilantik, kata Edi, Samsul yang maju dari daerah pemilihan Sarolangun-Merangin akan resmi bekerja. Sebagai Ketua DPD PDIP Provinsi Jambi, Edi mengharapkan Samsul bisa bekerja memperjuangkan aspirasi masyarakat.

“Beliau (Samsul, red) adalah salah satu keder terbaik PDIP. Kita berharap beliau bisa bekerja maksimal,” ungkapnya.

Sebelumnya, Zainul Arfan ditetapkan sebagai tersangka suap RAPBD Provinsi Jambi tahun 2018 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Status tersangka Zainul Arfan ditetapkan bersamaan dengan empat orang lainnya yakni Fahrurrozi, Arrakhmat Eka Putra dan Wiwid Iswhara.

Dalam kasus ini, KPK juga telah menjerat 18 orang sebagai tersangka. Pihak-pihak yang diproses tersebut adalah mantan Gubernur Zumi Zola, pimpinan DPRD, pimpinan fraksi DPRD, dan pihak swasta. (sm)





Artikel Rekomendasi