Sempat Bikin Resah, Dua Buaya Berukuran 3 Meter Berhasil Ditangkap



Sabtu, 18 September 2021 - 08:18:59 WIB



JAMBERITA.COM - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi tangkap dua ekor buaya di sungai Desa Kebon Sembilan dan Desa Talang Kerinci, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi.

Sebelumnya, BKSDA Jambi mendapatkan informasi terkait dengan buaya-buaya yang meresahkan warga tersebut dan langsung melakukan penanganan.

Polisi Kehutanan BKSDA Jambi, Sartono saat dikonfirmasi membenarkan ada dua ekor buaya ditangkap di sungai, yang pertama di kolam ikan dekat masjid, Desa Kebun Sembilan dan kedua di Desa Talang Kerinci.

"Ada buaya besar kita tangkap di sungai tepatnya Jum'at siang, 17 september 2021, sekitar pukul 12.00 di desa kebun sembilan dan kedua sekitar pukul 14.30 di sungai desa talang kerinci," ujarnya.

Sartono mengatakan dalam penangkapan dua buaya ini, tim BKSDA menyiapkan peralatan lengkap, mulai dari setrum listrik, tali dan umpan ayam dengan tujuan memancing buaya muncul ke permukaan sehingga mudah ditangkap.

"Kita menangkap buaya pertama di kolam ikan warga hanya pakai setrum listrik sedangkan kesulitan menangkap buaya di sungai menggunakan berbagai macam umpan namun tidak muncul, sehingga BKSDA menggunakan setrum listrik banyak dan ahirnya muncul dan langsung ditangkap," jelasnya. Jum'at, (17/9/2021).

Sartono menyebutkan, ukuran buaya yang ditangkap pertama di desa kebun sembilan panjangnya tiga meter dan ukuran buaya ditangkap di sungai desa talang Kerinci panjangnya 5 meter dan langsung dibawa ke kandang BKSDA.

"Total selama tiga hari kita menangkap buaya sudah tiga ekor buaya dan saya belum tau apakah buaya buaya lepas dari kandang penangkaran atau tidak yang pestinya kita tangkap buaya di sungai kerena meresahkan masyarakat," terangnya.

Kapolsek Sungai Gelam, Ipda Yohanes saat dikonfirmasi mengatakan, sangat bersyukur buaya sudah ditangkap dan setelah ditangkapnya buaya berharap tetap hati-hati ketika beratifitas di sungai dan ia akan tetap menyelusuri aliran sungai diwilahnya apakah ada buaya atau tidak.

"Ukuran panjang buaya ditangkap kedua panjangnya 5 meter dan kemungkinan lepas dari kandang penangkaran yang tidak jauh dari sungai desa kebun sembilan dan desa talang kerinci,"katanya.

Anggota DPRD Jambi, Raden Fauzi saat dikonfirmasi mengatakan, setelah ditangkapnya buaya di sungai, masyarakat tetap selalu waspada dan ia mempertegas kepada BKSDA agar kandang penangkaran ditutup karena bisa membahayakan masyarakat. 

"Sebelumnya tidak ada buaya di sungai namun sudah ada buaya besar dan kemunungkinan lepas dari kandang penangkaran serta kita tegaskan kepada BKSDA agar kandang penangkaran ditutup," katanya. (sap)



Artikel Rekomendasi