Dosen FST UNJA Gelar Pelatihan Penyusun Desain Rencana Anggaran Biaya Infrastruktur Pedesaan



Minggu, 12 September 2021 - 21:08:26 WIB



Suasana Pelatihan Penyusun Desain Rencana Anggaran Biaya Infrastruktur Pedesaan Desa Sebapo, Kecamatan Mestong, Muaro Jambi yang digelar oleh Dosen Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Unja
Suasana Pelatihan Penyusun Desain Rencana Anggaran Biaya Infrastruktur Pedesaan Desa Sebapo, Kecamatan Mestong, Muaro Jambi yang digelar oleh Dosen Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Unja

JAMBI, MUARO JAMBI - Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) merupakan suatu Program dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Jambi untuk mengoptimalisasi kinerja Perangkat Desa beserta Masyarakat yang ada di Desa. Pelatihan Penyusun Desain Rencana Anggaran Biaya Infrastruktur Pedesaan Desa Sebapo, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi digelar pada Hari Kamis, 12 Agustus 2021. Tim pengabdian merupakan Dosen Fakultas Sains dan Teknologi (FST) yang terdiri dari 5 orang yaitu M. Nuklirullah, S.T., M.Eng (Ketua Tim) dengan Anggota Tim Pengabdian yakni Dr. Drs. Harmes, S.T., M.T., Ade Nurdin, S.T., M.T., Dyah Kumalasari, S.T., M.T., dan Abdul Manab, S.T., M.T.

Pelatihan Penyusun Desain Rencana Anggaran Biaya Infrastruktur Pedesaan Desa Sebapo dilaksanakan secara offline di Aula Kantor Kepala Desa Sebapo yang dihadiri oleh 11 Orang Perangkat Desa. Pada situasi Covid-19 maka peserta yang menghadiri pelatihan hanya Perangkat Desa menimbang pelaksanaan sesuai protokol kesehatan.

Syakira (MC) mengawali kegiatan Pelatihan Penyusun Desain Rencana Anggaran Biaya Infrastruktur Pedesaan Desa Sebapo, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi sesuai Rundown Acara yang telah dibuat oleh panitia Pengabdian Kepada Masyarakat.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Desa Sebapo yang diwakilkan oleh Sekretaris Desa yaitu Bapak Muhammad Fazar, S.E. sekaligus mengesahkan Program Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Sebapo, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi.

Nuklirullah selaku Ketua Tim Pengabdian menyampaikan bahwa dasar dari pelaksanaan Pengabdian Masyarakat di Desa Sebapo yaitu banyaknya masyarakat yang belum mengetahui cara pembuatan Rencana Anggaran Biaya. Hal ini menyebabkan masyarakat memerlukan bantuan dari pihak lain yang kompeten di bidang infrastruktur sehingga pengeluaran yang muncul tidak efisien.

Sebelum penyampaian materi oleh Bapak Ade Nurdin, S.T., M.T., dilakukan pembacaan doa oleh Bapak Zainal Abidin (Perangkat Desa Sebapo) dan dilanjutkan sedikit hiburan beserta coffee break yang dilaksanakan selama 15 menit.

Sesi selanjutnya yaitu penyampaian materi terkait Rencana Anggaran Biaya oleh Bapak Ade Nurdin, S.T., M.T. dengan tema “Pemaparan Analisa Harga Satuan, Standar yang digunakan untuk pembangunan dan Gambar-gambar yang telah dirancang beserta Rencana Anggaran Biaya”.

Setelah penyampaian materi oleh Bapak Ade Nurdin, S.T., M.T. dilakukan sesi tanya jawab terkait Rencana Anggaran Biaya yang akan diterapkan oleh masyarakat. Dimana peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan ini sangat antusias untuk bertanya seputar cara perancangan dan bahan yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur gedung dan jalan. Sekretaris Desa Sebapo sangat mengapresiasi kegiatan ini karena menimbulkan semangat para perangkat desa untuk membuat rancangan biaya yang akan digunakan lebih efisien daripada menggunakan pihak ketiga.

Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini diharapkan akan dilanjutkan pada tahun yang akan datang dengan tema yang berbeda seperti memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk meningkatkan konstruksi di wilayah pedesaan tersebut. (M. Nuklirullah)

 



Artikel Rekomendasi