Plt Kajati Ikuti Peringatan HBA ke 61, Berikut Kinerja Penegakan Hukum di Jambi



Kamis, 22 Juli 2021 - 15:37:27 WIB



JAMBERITA.COM-  Upacara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-61 tahun 2021 ini dipimpin langsung oleh Inspektur Upacara Jaksa Agung ST Burhanuddin yang disiarkan secara langsung dari Lantai 10 Gedung Kartika Adhyaksa, Blok M Jakarta Selatan hari ini Kamis (22/7/2021).

Diawal amanatnya Jaksa Agung mengajak segenap peserta upacara untuk mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya 52 orang warga adhyaksa per 16 juli 2021 karena covid-19.

Oleh karena itu Jaksa Agung menyerukan semua sumber daya kejaksaan agar tetap taat protokol kesehatan serta ikut menjamin alat kesehatan (masker, obat, oksigen) di wilayah bertugas.

Apabila ditemui masyarakat yang melanggar aturan PPKM maka kenakan sanksi yang tegas dan terukur berdasakan hati nurani.

Saat ini Kejaksaan telah melantik Jaksa Agung Muda Pidana Militer yang mana kehadirannya telah mempertegas azas dominus litis dan een ondelbaar (pengendali perkara dan penuntutan merupakan kewenangan jaksa) dalam sistem peradilan di Indonesia sehingga tidak ada lagi kesenjangan penghukuman antara pengadilan militer dan sipil.

Khusus penegakan hukum di Kejati Jambi, Plt. Kajati Jambi Dr. Hermon mengatakan jika Jaksa tetap menyelenggarakan sidang online dimasa pandemi demi menjaga kesehatan, penghentian penuntutan berdasarkan azas restoratif justice sebanyak 2 perkara dari Tanjabtimur perkara penggelapan 374 KUHP dan Tanjabar perkara penadahan 480 KUHP.

Bidang Pidsus penyidikan korupsi 2 perkara yakni kasus auditorium UIN Sultan Thaha Jambi dan Korupsi BRI Syariah Bungo. Sedangkan Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara telah ikut ambil bagian dalam pemulihan 3 aset milik Pemprov Jambi antara lain Tanah dilokasi SLB, Kampus UIN Sultan Thaha, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, selanjutnya juga pendampingan PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) .

Selain itu penegakan hukum dalam penangakapan DPO tahun 2021 ini sebanyak 6 orang, kegiatan penerangan hukum meliputi jaksa masuk sekolah 7 kali secara tatap muka, jaksa menyapa sebanyak 9 kali, kejati jambi juga memiliki inovasi membuat siaran streaming *Podcast Dibajak* (dibahas bareng jaksa), tayangan dokumenter *"The Prosecuttor"* bekerjasama dengan JEK TV serta liputan *Adhyaksa TV Jambi*.

Untuk mengetahui penanganan perkara saat ini PTSP yang dikelola Kabag TU dapat diakses secara online oleh pemohon.

Diakhir acara Plt. Kajati Jambi Dr. Hermon Dekristo beserta Ibu Puspa Hermon selaku Ketua IAD Wilayah Jambi juga memberikan apresiasi kepada pemenang lomba video kreatif, lomba adzan, lomba tilawah dan lomba dai cilik. (*/sm)





Artikel Rekomendasi