Berkedok PLTU Biomas, PT RPSL Dituding Produksi Hasil Hutan Kayu Primer untuk Diekspor



Rabu, 21 Juli 2021 - 13:46:43 WIB



JAMBERITA.COM- PT Rimba Palma Sejahtera Lestari (RPSL) diakuisi oleh ELL Environmet Group . Perusahaan Pemodal Asing Asal Negeri Tiongkok ini memperluas usahanya di Kota Jambi.

Ironisnya, Perusahaan yg bergerak di Pambangkit Listrik Biomas ini bertransformasi menjadi Usaha Industri Hasil Hutan Kayu Primer.

Hal ini jelas mengancam Tutupan Kawasan Hutan Primer yang ada di Provinsi Jambi. Ini diperparah seluruh perizinan dimudahkan dan berkedok PLTU Biomas.

Ketua Perkumpulan Hijau Feri Irawan mengatakan perusahaan ini hanya berkedok PLTU Biomas. Karena esungguhnya perusahaan tersebut memproduksi hasil hutan kayu Primer.

"Secara perizinan dan Dokumen Lingkungan, Industri Kayu Primer itu untuk menunjang kebutuhan PLTU biomas namun faktanya perusahaan memproduksi Pelleting untuk diekspor," katanya.

Ia mengatakan tidak jelas asal usul kayunya dari mana. Ia mengkhawatirkan dengan adanya perusahaan ini aktifitas illegal loging kembali marak di Jambi.

Feri menambahkan Perusahaan ini diduga melakukan penyeludupan hukum memohon izin industri yang tidak sesuai dengan rekomendasi Tata Ruang.

Benny Bastaman Direktur RPSL saat dihubungi awak media melalu telepon selulernya tidak mengangkat bahkan dihubungi melalu pesan whatsap hanya dibaca tetapi tidak merespon.(*/sm)





Artikel Rekomendasi