Prokes Ketat, Warga Antusias Ikuti Salat Ied di Balaikota Jambi

Pemkot Siapkan 187 Ekor Hewan Qurban


Selasa, 20 Juli 2021 - 19:30:24 WIB



JAMBERITA.COM- Asma Allah berkumandang seantero langit Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi. Gema takbir, tasbih, tahlil dan tahmid berkumandang mengagungkan keesaan Allah. Selasa pagi (20/7), bertepatan dengan tanggal 10 Dzulhijjah 1442 hijriyah, umat muslim dari berbagai pelosok Kota Jambi hadiri salat Idul Adha berjamaah bersama jajaran Pemkot Jambi.

Bertempat di Lapangan Utama Balaikota Jambi, Salat Ied yang dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan ketat tersebut, langsung dihadiri oleh Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha, Wakil Wali Kota dr. H. Maulana dan Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto.

Salat Ied Adha berjamaah di Balaikota ini, merupakan kali ke-5 nya dilaksanakan, setelah tahun lalu urung dilaksanakan karena wabah pandemi Covid-19 yang terjadi di Kota Jambi.

Dalam sambutannya bersama Wawako Maulana, Wali Kota Syarif Fasha mengajak seluruh jamaah untuk senantiasa bersyukur atas nikmat yang telah dianugerahkan oleh Allah SWT, walaupun wabah pandemi masih melanda.

"Marilah kita senantiasa mengagungkan Allah SWT sembari selalu bersyukur atas nikmat yang telah di anugerahkanNya kepada kita semua. Nikmat sehat dan kekuatan, karena disaat ini banyak saudara kita yang terbaring sakit, menjalani isolasi mandiri, maupun yang telah mendahului kita semua akibat Covid-19. Kita doakan semoga semua saudara kita yang sakit segera diberi kesembuhan dan bumi ini lekas membaik dari wabah pandemi ini," ujar Fasha.

Selain itu, Wali Kota Jambi itu juga menyampaikan pesan dan nilai universal ibadah haji dan qurban yang relevan dengan kondisi saat ini, saat dunia tengah didera wabah Covid-19.

"Esensi ibadah qurban adalah ketaatan hamba kepada sang khalik, sikap rela berkorban, keikhlasan, dan kepatuhan, seperti yang di contohkan Nabi Ibrahim AS dalam menjalankan perintah Allah, serta sikap integritas, loyalitas dan kerelaan yang ditunjukkan oleh putranya Nabi Ismail AS. Mari jadikan momentum Idul Adha ini untuk mereplikasi sikap dan nilai luhur itu untuk peduli terhadap kondisi saat ini. Kepedulian adalah kunci utama agar kita segera keluar dari wabah ini," sebut Wali Kota Jambi itu.

Dalam kesempatan itu pula, Wali Kota Fasha mengungkapkan permohonan maafnya atas kebijakan penerapan penanganan Covid-19 di Kota Jambi.

"Atas nama Pemkot Jambi, kami ucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H, mohon maaf lahir dan batin. Semoga masyarakat taat menjaga protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Mohon maaf jika selama PPKM ada yang tidak berkenan, semoga situasi akan lebih baik lagi dan pandemi segera berakhir," pungkas Fasha.

Bertindak sebagai Imam salat Ied di Lapangan Balaikota, M. Abror Al Hafiz dan Khatib H.M.Amin, M.Kes. Dalam khutbahnya, Khotib berpesan agar masyarakat berkorban dengan tenaga dan pikiran untuk tetap taat terhadap protokol kesehatan, karena wabah Covid-19 memang benar ada.

"Atas segala ujian yang dihadapi, ibadah qurban mengajarkan untuk sabar dalam menaati ketentuan Allah, karena sabar membuat dosa terampuni dan mendapat kemenangan hakiki. Musibah yang menimpa kita agar kita berpasrah sembari berikhtiar agar musibah ini segera diangkat oleh Allah. Semoga didikan hari raya qurban menjadi insan yang dipilh dan diampuni oleh Allah," sebut khotib.

Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban setiap tahunnya membawa keberkahan bagi masyarakat Kota Jambi. Bagaimana tidak, setiap tahunnya jumlah partisipasi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Jambi, BUMD dan turut pula dari Kemenag Kota Jambi,, yang melaksanakan ibadah Qurban, semakin meningkat.

Pada musim Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 ini, Pemkot Jambi melaksanakan pemotongan qurban sebanyak 187 ekor, terdiri dari 155 ekor sapi, 10 ekor kerbau dan 22 ekor kambing. Hewan qurban tersebut di sembelih di beberapa titik lokasi, antara lain, 18 ekor di Kantor Wali Kota Jambi, 135 ekor di berbagai kantor OPD Pemkot Jambi dan sisanya tersebar di berbagai instansi vertikal, masjid, langgar, dan pondok pesantren maupun kepada masyarakat. Jumlah ini meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya (terakhir tahun 2019 sebanyak 163 ekor).

Hal itu adalah buah dari syiar yang telah dilakukan oleh Wali Kota Fasha sejak awal kepemimpinannya, dengan menggalakkan kesadaran ASN Kota Jambi, BUMD dan lainnya, untuk rutin mengeluarkan zakat, infaq dan shadaqah, termasuk berqurban di hari raya Idul Adha





Artikel Rekomendasi