Sholat Ied Adha di Masjid Syaikh Utsman Kualatungkal Berjalan Tertib, Bupati: Tetap patuhi Prokes



Selasa, 20 Juli 2021 - 17:53:25 WIB



JAMBERITA.COM - Tetap dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat, sejumlah masjid di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi menggelar sholat ied Adha 1442 H.

Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. KH. Anwar Sadat, M.Ag, dan Wakil Bupati Haian, SH beserta keluarga melaksanakan Sholat Idul Adha di Masjid Syaikh Utsman Kualatungkal, Tanjab Barat, Selasa pagi (20/7/21), sekitar pukul 07.30 WIB.

Pelaksanaan sholat ‘ied yang dilaksanakan dengan penerapan standar protokol kesehatan tersebut dilengkapi peralatan cuci tangan, wajib memakai masker dan jaga jarak antar jama’ah.

Sebagai Khatib, bupati menyampaikan bahwa sholat idul adha berjamaah merupakan bagian dari syariat islam. Bulan dzulhijjah juga dikenal dengan bulan kurban dan juga bulan haji.

"Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berkurban dengan tulus dan ikhlas semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Selamat hari raya idul adha 1442 H," kata Bupati Tanjab Barat, KH Anwar Sadat, Selasa (20/7/21).

Sebelum pelaksanaan sholat ied disampaikan kaifiyat oleh KH. Hasan Basri dan bertindak sebagai bilal M. Basri dan Imam Ustadz M. Arsyad, S.Pd.i,M.Pd.i Al Hafizh.

Sementara, Sekretaris Daerah Tanjung Jabung Barat Ir. H. Agus Sanusi, M.Si menyampaikan bahwa pelaksanaan sholat ‘ied di masa pandemi covid-19 tahun ini sudah melalui proses pembahasan dan kesepakatan bersama tim Satgas Covid-19 Provinsi Jambi.

Dikatakannya, gubernur jambi dalam rapat tersebut menyerahkan kebijakan kepada pemerintah Kabupaten maupun kota masing-masing dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Senada dengan sekda, Kepala Bagian Kesra Hidayat Kusuma menjelaskan bahwa pelaksanaan Shalat Ied telah melalui koordinasi dan kerjasama dengan Satgas Covid-19 Tanjab Barat dalam menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Kapolres Tanjab Barat, AKBP Guntur Saputro mengatakan, bahwa pelaksanaan Sholat Ied dan pelaksanaan kurban sudah disepakati dari hasil rapat koordinasi satgas dengan instansi terkait dan pengurus masjid akan dilaksanakan sesuai dengan standar protokol kesehatan. Ini mengingat bahwa pandemi covid-19 masih berlangsung.

"Kita sepakati bersama bahwa pada pelaksanaannya dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dan bagi warga yang sedang dalam kondisi kurang sehat agar melaksanakan ibadah di rumah saja," tandas Kapolres. (Henky)

 




Artikel Rekomendasi