Tangkal Radikalisme, Pelajar Antusias Ikuti Workshop dan Lomba Video Pendek Kreatif BNPT-FKPT Jambi



Rabu, 07 April 2021 - 11:55:53 WIB



JAMBERITA.COM- Diskusi, Workshop dan Lomba Video Pendek Kreatif Indonesia Tangguh yang digelar Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT)- Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Jambi mendapatkan sambutan antusias dari pelajar dan mahasiswa di Provinsi Jambi.

Ini terbukti dari Diskusi digelar secara daring dan luring pada Rabu (7/4/2021) diikuti ratusan siswa dan mahasiswa dari berbagai kabupaten di Provinsi Jambi. Para pelajar mengikuti secara daring dari sekolah masing-masing.

Tidak hanya itu, pada saat daring, pelajar juga antusias untuk bertanya ke narasumber. Baik secara langsung maupun melalui chat di meeting zoom. Seperti dari Aulia Fadil dan M Akbar dari MAN Kota Jambi.

Mereka menanyakan soal ISIS dan terorisme hingga soal terorisme yang dihubungkan dengan cadar hingga soal usaha pemrintah dalam mencegah radikalisme di kampus dan sekolah.

Kabid Bidang Pemuda FKPT Jambi Dr DRS Syharan Mpd mengatakan acara ini sendiri menghadirkan narasumber Brigjen Pol R Agmad Nurwakhid Se MM, Deputi Pencegahan BNPT, Ratrikala Bhre Praktisi Film dan Dr DRS Syharan Mpd, akademisi UIN STS Jambi yang juga pemerhati pemuda.

Adapun peserta dari SMA/SMK/MA, pemuda (mahasiswa) dan guru-guru se-Provinsi Jambi. Jambi, Tanjab Barat, Tebo, Batang Hari, Bungo. Adapun peserta yang sudah registrasi ada 328 peserta dan 180 peserta tergabung di telegram.

Sementara itu, dalam materinya, DR: Syharan mengatakan dalam materinya yang berjudul “Menyiapkan pelajar dan pemuda sebagai generasi tangguh dalam menjaga kesatuan NKRI” Pelajar dan mahasiswa harus menyiapkan diri karena yang menjadi 24 persen dari total jumlah penduduk Indonesia saat ini.

“Data statistic jumlah pemuda Indonesia 15-30 tahun 64 juta jiwa 24 persen dari 270,2 juta data BPS Januari 2021,” katanya.

Karena itu, para pelajar dan Mahasiswa jangan sampai terpapar radikalisme dan terorisme karena akan merusak masa depan.

Apalagi Jambi hasil pengkajian BNPT berada di urutan ke-7 rawan terpapar radikalisme. Bahkan rilis BIN bebrapa waktu lalu ada 5 wilayah yang rawan tertular paham radikalisme yakni Kota Jambi, Muaro Jambi, Tanjabbar, Bungo dan Tebo.

Karena itu, Syahran memberikan tips agar bisa jauh dari paham radikalisme. Yakni dengan bercita-citalah menjadi sukses, menyiapkan diri dari sekarang, bersosialisasi dengan teman-teman yang maju dan prestasi, aktif di kegaitan yang psoitif, menjadi duta per;wakiln dari berbagai sosial keagamaan dan beragama secara baik dan benar.(*/sm)









loading...