SBY Tegaskan KLB di Deli Serdang Langgar AD/ART Demokrat



Minggu, 07 Maret 2021 - 21:48:52 WIB



JAMBERITA.COM- Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono angkat bicara perihal Kongres Luar Biasa Partai Demokrat yang digelar di Deli Serdang, Sumatera Utara pada Jumat (05/03/2021). 

Dalam konferensi pers, SBY tidak ada satupun syarat yang terpenuhi untuk menggelar KLB.

Mari kita lihat apakah KLB Deli Serdang tersebut legal atau sah secara hukum menurut AD dan ART partai demokrat pasal dalam 41 ayat 4 disebut kan bahwa Kongres Luar Bisa dapat diadakan atas permintaan.Majelis tinggi partai atau 2/3 dari jumlah dewan pimpinan daerah dan 1/2 dari jumlah dewan pimpinan cabang serta disetujui oleh ketua majelis tinggi partai.

"Mari kita uji sekarang apakah KLB Deli Serdang ini sah secara hukum ingat negara Indonesia adalah negara hukum ingat pasal 1 UUD 1945 majelis tinggi partai yang saya pimpin dan kini berjumlah 16 orang tidak pernah mengusulkan Kongres Luar Bisa jadi syarat pertama sudah gugur," katanya.

Dewan pimpinan daerah yang mengusulkan KLB minimal 2/3 dari 34 dewan pimpinan daerah.
Kenyataannya tidak satupun yang mengusulkan berarti nol. Jadi tidak memenuhi syarat yang kedua.

Dewan pimpinan cabang yang mengusulkan KLB minimal 1/2 dari 514 DPC kenyataan nya 34 DPC yang mengusulkan berarti hanya 7% dari seharusnya 50%. Jadi tidak memenuhi syarat yang ketiga.

Usulan DPD dan DPC harus mendapatkan persetujuan ketua majelis dewan partai dan saya sebagai ketua majelis dewan partai tidak pernah memberikan persetujuan buat atas pelaksanaan KLB ini.

Jadi syarat keempat pun tidak dipenuhi.
Kesimpulan besarnya adalah semua persyaratan untuk menyelenggarakan KLB ini gagal dipenuhi atau tidak dipenuhi sehingga KLB ini benar-benar tidak sah dan ilegal.(*/sm)









loading...