Arah Pembangunan Eks Angso Duo Jambi Belum Jelas, EP: Dewan Ingin Jadi RTH



Minggu, 07 Maret 2021 - 14:45:04 WIB



JAMBERITA.COM - Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto (EP) menyoroti arah pembangunan dilahan eks pasar Angso Duo yang hingga kini belum jelas peruntukkannya. 

Bahkan lahan tersebut tampak dipenuhi semak belukar dan pepohonan liar. Edi mengatakan, jika dirinya menginginkan lahan dengan luasan sekitar 7 Hektar (HA) itu difungsikan sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) saja. 

"Kalau Pemerintah menginginkan Ruang Terbuka Non Hijau. Tapi para dewan setujunya menjadi RTH. Begitupun saya pribadi inginnya itu jadi RTH," ujarnya saat menggelar reses bersama awak media, Sabtu (6/03/2021).

Menurut politisi fraksi PDIP ini, jika dibangun menjadi taman yang bagus, lalu icon Gentala Arasy lebih dipercantik dan tepian sungai Batanghari nya dibuat menjadi restoran (rumah makan) khas Jambi, tentu akan menarik wisatawan.

Menyusul nantinya sembari dilakukan pembersihan sungai disertai penanaman pohon."Juga bisa dibuat ruang ekspresi seperti pagelaran yang sifatnya terbuka. Orang akan tertarik kesitu untuk berwisata ditepian sungai Batanghari. Yang kemudian gerakan cinta Batangharipun akan muncul," ujarnya. 

Konsep ini, kata Edi dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) ketimbang dibuat perhotelan. Pasalnya hotel diseputaran WTC sendiri sudah banyak. "Ini konsep yang saya tawarkan sedari awal. Maka saya dorong betul itu RTH. Tinggal eksekutifnya lah," ungkapnya. 

Diketahui, rencana pembangunan lahan eks Angso Duo ini mangkrak tak tergarap dikarenakan adanya perbedaan menjadi sebuah kendala. Dimana berdasarkan Perda Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kota, lahan itu adalah Ruang Terbuka Non Hijau. Sedangkan Pemprov sendiri juga menginginkan menjadi RTH. (afm)









loading...