SAH Apresiasi dan Dukung Pengembangan Vaksin Nusantara



Sabtu, 20 Februari 2021 - 07:28:33 WIB



Sutan Adil Hendra bersama dr Terawan
Sutan Adil Hendra bersama dr Terawan

JAMBERITA.COM- Keberhasilan Pengembangan Vaksin Nusantara yang diprakarsai Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mendapat dukungan dari Anggota Komisi Kesehatan DPR RI Dr. Ir. H. A.R.Sutan Adil Hendra, MM.

Dukungan terhadap vaksin yang telah lolos uji klinis Fase II tersebut langsung disampaikan SAH di Jambi (19/2) kemarin, pada kesempatan itu SAH mengaku dirinya memberi apresiasi dan dukungannya terhadap pengembangan vaksin Covid 19 dari dalam negeri.

"Alhamdulilah di tengah tuntutan masyarakat untuk mempercepat pengadaan vaksin, Indonesia telah mampu memproduksi vaksin sendiri, yang pertama Vaksin Merah Putih yang dikembangkan Bio Farma dan yang kedua Vaksin Nusantara yang diprakarsai oleh Terawan, saya pikir ini satu kemajuan yang patut kita apresiasi, kita dukung untuk bisa lolos uji klinis sampai Fase III dan kemudian diproduksi massal," ungkapnya. 

Dalam apresiasinya, SAH menyebutkan Vaksin Nusantara yang diprakarsai dr Terawan merupakan sebuah terobosan ditengah upaya vaksinasi massal yang sedang dilakukan, salah satu kendalanya adalah proses pengadaan yang lambat karena tingginya permintaan dunia akan vaksin. Untuk diketahui, vaksinasi masih menjadi persoalan di berbagai negara di tengah angka COVID yang belum menunjukkan penurunan.

" Jika kita mengandalkan vaksin luar negeri tentu akan memakan waktu, karena supply dunia masih rendah dibandingkan kebutuhan, sedangkan demand semua dunia menginginkannya, tentu ini kita vaksin dalam negeri yang melayani kebutuhan kita sendiri sebagai prioritasnya," jelas Bapak Beasiswa Jambi tersebut. 

Selanjutnya, legislator yang dikenal akan kepeduliannya akan masalah Covid 19 ini mengatakan sejak program vaksinasi digulirkan pemerintah, dirinya di DPR terus mendorong pengembangan vaksin oleh anak bangsa. Karena itu, Vaksin Nusantara dr Terawan harus didukung penuh.

"Maka dari itu, kami meminta kepada semua pihak untuk mendukung penuh pembuatan Vaksin Nusantara ini hingga betul-betul teruji klinis. Kemudian secara efektif dapat menekan penyebaran virus, aman untuk masyarakat dan juga teruji kehalalannya," pungkasnya.(*/sm)

 











loading...