Ajak Warga Tinggalkan PETI, Kapolres Bawa Program Peternakan Lebah Madu



Kamis, 21 Januari 2021 - 15:20:36 WIB



JAMBERITA.COM, MERANGIN - Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan membawa program pertenakan lebah madu di dDesa Muara Panco Barat Kecamatan Renah Pembarap.

Program itu dicanangkan dengan mendorong ekonomi kreatif kepada masyarakat setempat, tanpa merusak lingkungan dan meninggalkan aktivitas Pertambangan Emas Tampa Izin (PETI).

Ide tersebut sebagai solusi Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan, melihat kondisi masyarakat mengeluh dengan beralihnya kegiatan tambang dompeng.

Menurutnya masyarakat mengadu kepadanya susahnya, para masyarakat untuk menyambung hidup, dan mereka pun terpaksa bekerja dengan tambang ilegal.

Masyarakat juga harus menunggu izin dari pemerintah dalam mencari solusi dengan mengeluarkan Izin Pertambangan Rakyat (IPR). Ini sedang dibahas pemerintah setempat.

Gebrakan Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan, dilakukan di beberapa wilayah pedesaan di Merangin.

Kusmayadi pelaku dompeng yang pindah alih profesi ke ekomoni kreatif, mengatakan sangat senang dengan adanya ide yang diberikan kapolres Merangin.


Dengan adanya program ekonomi kraetif ini bisa mengalihkan kerja kami dari dompeng ke pembibitan lebah madu ini. "Kami awalnya curhat kepada pak Kapolres, beliau pun memberikan ide dapat kami beralih dari kegiatan PETI, "ungkap Kusmayadi Kamis (21/1/2021).

Sedangkan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Provisi Jambi sangat mendukung apa yang dilakukan Kapolres Merangin.

"Kita sangat mendukung apa yang dilakukan Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan, dengan kegiatan ini dapat mengurangi kegiatan tambang ilegal nantinya, " kata perwakilan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Jambi.

Selain itu, Tokoh Masyarakat Zulkifli, juga mengpresiasi program dari Kapolres Merangin.

"Kita sangat apresiasi, apa yang dilakukan Kapolres Merangin kepada masyarakat kami, mudah-mudahan ini adalah menjadi madu bisnis masyarakat kita kedepannya, "harapnya.

Sementara Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan, saat diwawancarai sejumlah wartawan mengatakan program ini bukan hanya wilayah Desa Muara panco Barat. Tapi program ekonomi kreatif juga di Daerah Tabir.

"Disini kita berupaya kegiatan sebelumnya melakukan rapat koordinasi bersama pemerintah, dan berinisiatif melakukan solusi lainnya, jangan tergantung pada kegiatan PETI saja, namun madu pun bisa dimanfaatkan masyarakat, "ungkap Kapolres.

Sedangkan untuk hasilnya, itu hanya menunggu tiga bulan, dan hasilnya untuk kebutuhan keluarga itu sendiri.

"Insha Allah kalau kita mau berbuat budidaya lebah madu ini akan bisa membantu keluarga kita nantinya, " harap Kapolres.(oli)











loading...