SAH Ingatkan BPOM Tentang Pentingnya Pengawasan Distribusi Vaksin Covid-19



Rabu, 13 Januari 2021 - 07:51:43 WIB



Sutan Adil Hendra
Sutan Adil Hendra

JAMBERITA.COM- Anggota Komisi IX DPR RI Dr. Ir. H. A.R Sutan Adil Hendra, MM mengingatkan proses distribusi vaksin COVID-19 di Indonesia yang berada di bawah Badan POM dilakukan secara baik mulai dari hulu hingga ke hilir. 

“Kita harap pengawasan ini mulai dari proses pengadaannya melalui importasi, Badan POM akan terbitkan Surat Keterangan Impor. Setibanya di Indonesia, vaksin juga akan disampling oleh petugas untuk diterbitkan sertifikat pelulusan ,” jelas Anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI itu saat mengikuti Rapat Kerja dengan Kementerian Kesehatan RI dan Rapat Dengar Pendapat dengan Kepala BPOM dan Direktur Utama PT Biofarma secara virtual (12/1) kemarin.

Dalam hal ini SAH yang dikenal luas sebagai Bapak Beasiswa Jambi ini mengatakan proses pengawasan antara lain dilakukan dari sisi penyaluran dari industri farmasi serta kesesuaian rantai distribusi vaksin dari Pedagang Besar Farmasi sesuai Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB) dan di sarana pelayanan kefarmasian sesuai Standar Pelayanan Kefarmasian.

Terutama terkait pengelolaan vaksin sebagai Cold Chain Product (CCP) karena vaksin memerlukan kondisi penyimpanan khususpada suhu antara 2–8 derajat celcius, bahkan ada juga yang harus disimpan dalam kondisi beku (hingga minus 75 derajat celcius), jelasnya.

"Saya tekankan kelancaran distribusi vaksin COVID-19 untuk mempertahankan mutu vaksin sampai pada saat penyuntikan adalah tanggung jawab Bersama. Oleh karena itu, diperlukan kerja sama dari lintas sektor terkait, di antaranya Kementerian Perhubungan, Dinas Kesehatan Provinsi, dan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota," tegasnya. 

Sehingga SAH berharap semua pihak yang terlibat agar memahami proses distribusi  dan pengelolaan vaksin serta terlibat aktif dalam pengawasannya, sehingga pengelolaan vaksin dapat berjalan sesuai ketentuan untuk meminimalisir penurunan/kerusakan mutu vaksin yang akan berpengaruh pada khasiat dan keamanan vaksin.(*/sm) 

 











loading...