44 Kepala Sekolah Dasar di Kota Jambi Masih Diisi Plt, Ini Penyebabnya



Selasa, 12 Januari 2021 - 18:18:09 WIB



JAMBERITA.COM - Dari 164 Kepala sekolah dasar di Kota Jambi, 44 diantaranya dipimpin oleh kepala sekolah yang berstatus pelaksana tugas atau Plt.

Kepala bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan Kota Jambi Zulafni menjelaskan bahwa penyebab kurangnya karena setiap tahun kepala sekolah terus pensiun.

"Kepala sekolah terus pensiun. Sekarang ada 164 SD negeri. Yang Plt itu ada 44 orang di SD, SKB satu orang dan SMP 3 orang," ujarnya. Senin, (12/1/2020).

Dirinya menjelaskan bahwa syarat sebagai kepala sekolah salah satunya telah mengikuti Diklat oleh LPKKS. Sedangkan tahun 2020 kegiatan Diklat ditiadakan akibat dari adanya pandemi Covid-19.

Zulafni menjelaskan di tahun 2021 ini ada sebanyak 106 calon kepala sekolah yang telah lulus tahap administrasi.

"Di tahun 2021 ini kita sudah mengajukan untuk dilakukan Diklat untuk 60 calon kepala sekolah," jelasnya.

Sementara itu, Zulafni juga menyayangkan bahwa saat ini masih ada di beberapa sekolah swasta yang mengangkat kepala sekolah yang belum memiliki Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS). Dirinya menjelaskan meski kepala sekolah di swasta dipilih langsung oleh yayasan, namun lebih baik kepala sekolah telah memiliki NUKS.

"Kami bearapan pihak yayasan atau sekolah untuk mengangkat orang menjadi kepsek yaitu yang telah S1 dan bersertifikasi itu sarat wajib dan kemudian berkompetensi dan memenuhi syarat," pungkasnya. (sap)











loading...