Pengalaman Dokter Asal Indonesia Penerima Vaksin Corona di Inggris, Ardito: Pegal Beberapa Jam



Jumat, 08 Januari 2021 - 21:54:48 WIB



JAMBERITA.COM- Dokter asal Indonesia Ardito Widjono yang bekerja di Inggris termasuk dalam kelompok pertama yang menerima vaksinasi massal Covid-19 di Inggris.

Ardito pun menceritakan pengalamannya dalam Diskusi Dewan pers dan BBC Media Action dengan tema Vaksinasi Covid-19, Perubahan perilaku dan Diseminasi Informasi yang digelar Jumat 8 Januari 2021.

Saat ditanya bagaimana kondisinya pasca divaksin, Andito mengaku hanya merasakan pegal saja beberapa jam. “Alhamdulilah baik saja, pegal beberapa jam. Setelah itu saya langsung kerja lagi,” katanya dalam diskusi yang digelar virtual melalui aplikasi zoom ini.

Beberapa temannya merasakan efek sakit tenggorokan dan lemas satu dua hari. Tidak ada yang lebih parah dari itu. Efeknya sangat terbatas. “Untuk saya merasa beruntung sekali bisa dapat vaksina secepat itu,” katanya.

Mengenai jenis vaksin yang diberikan apakah sama dengan yang di Indonesia, Andito mengatakan jika dirinya mendapatkan vaksin jenis BioNTech-Pfizer. Memang berbeda dengan Snovac. Namun prinsip dan mekanismenya saja. “Saya baru dapat dosis pertama, imunitas masih 50 persen,” tambah Andito.

Ia mengatakan jika dirinya senang masuk dalam prioritas. Meski dalam kelompok yang didahulukan adalah diatas 70 tahun dan yang memiliki imunitas rendah. Namun meski dirinya masih muda tapi bisa mendapatkan vaksinasi pertama karena dari Tenaga kesehatan.  “Ini bukan hanya untuk saya tapi juga buat pasien saya agar resiko agar saya tidak menularkan,” katanya.

Vaksinasi massal di Inggris - dengan vaksin Pfizer/BioNTech - dimulai pada awal Desember lalu di tengah lonjakan besar kasus yang disebut dokter serta pejabat kesehatan sebagai "tsunami" dan "fase paling berbahaya."

Sebelum imunisasi, mereka yang divaksin diberikan daftar pertanyaan yang harus dijawab untuk meminimalisir efek samping. Berdasarkan brosur yang diberikan kepada mereka yang divaksin, disebutkan bahwa sebagian besar efek samping ringan dan akan hilang dalam beberapa hari dengan minum obat penghilang nyeri dan demam seperti parasetamol.(sm)

 











loading...