Survei Puspoll Indonesia: 46,4 Persen Puas Dengan Pemerintah Saat ini, 34,8 Persen Tidak Puas



Jumat, 04 Desember 2020 - 09:25:19 WIB



JAMBERITA.COM- Puspoll Indonesia Research and Consulting merilis hasil survei preferensi politik masyarakat jelang Pilkada Provinsi Jambi 2020, khususnya untuk Pilgub Jambi, Kamis (3/12/2020).

Selain menyurvei elektabilitas tiga pasangan calon yang bertarung di Pilgub Jambi, Puspoll juga menyurvei tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan saat ini.

Hasilnya, diketahui masyarakat yang sangat puas dengan pemerintahan saat ini hanya 3,5 persen. Kemudian, yang mengatakan cukup puas sebesar 46,4 persen.

Sementara yang menyatakan kurang puas sebesar 34,8 persen. Lalu, yang menyatakan tidak puas sama sekali sebesar 5,4 persen. Lalu, yang tidak menjawab ssbesar 9,9 persen.

"Jadi berdasarkan hasil survei kita, kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan saat ini di bawah 50 persen. Jika kita jumlahkan yang merasa sangat puas dan cukup puas hanya 49,9 persen. Kondisi ini untuk petahana kurang bagus," kata Direktur eksekutif Puspoll Indonesia, Muslimin, saat merilis hasil survei, kemarin.

Mantan direktur riset Charta Politica ini mengatakan, evaluasi kinerja pemerintah saat ini, harusnya bagi petahana ada di atas angka lebih dari 50 persen.

"Ini berada pada tingkat rendah karena petahana kepuasan publik di bawah 50 persen, sehingga secara elektabilitas juga pasti rendah karena masyarakat tak puas," katanya lagi.

Diberitakan sebelumnya, berdasarkan hasil survei Puspoll, elektabilitas pasangan Cek Endra-Ratu Munawaroh (CE-Ratu) unggul dengan persentase 42,2 persen.

Kemudian, di urutan kedua hasil survei pasangan Al Haris-Abdullah Sani (Haris-Sani) dengan persentase 26,4 persen.

Lalu di urutan ketiga pasangan Fachrori Umar-Syafril Nursal (FU-SN) dengan persentase 23,3 persen. Sementara yang tak menjawab atau rahasia sebesar 8,1 persen.

Survei dilakukan selama 5 hari pada 20-25 November melalui wawancara tatap muka dengan kuisoner terstruktur terhadap 1.200 responden yang merupakan masyarakat dewasa terdaftar dalam DPT.

Pengambilan sampel diambil berdasarkan jumlah penduduk. Sebesar 16,7 persen di Kota Jambi dan terendah Sungai penuh hanya 2,5 persen.(*/sm)

 










loading...